Skip to main content

Pengertian Dasar Perbandingan dalam Matematika

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: April 22, 2013

Dalam kehidupan sehari-hari sering terdapat hal-hal yang berkaitan dengan perbandingan, sebagai halnya contoh berikut ini.
Bu Nia berbelanja barang-barang untuk kepeluan sehari-hari di suatu swalayan, di antaranya tisu dan detergen. Dari nota yang diberikan kasir, harga tisu Rp. 4000,00 dan detergen Rp. 12.000,00.
Perbandingan harga tisu dan detergen tersebut dapat dinyatakan dengan dua cara, yaitu harga tisu lebih murah daripada harga detergen. Dalam hal ini, yang dibandingkan adalah selisih harga, dan harga tisu dan harga detergen = 1 : 3. Dalam hal ini yang dibandingkan adalah hasil bagi harga tisu oleh harga detergen.
Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa ada dua cara dalam membandingkan dua besaran, yaitu dengan mencari selisih, dengan mencari hasil bagi.
Perhitungan berdasarkan nilai satuan yang menyangkut perbandingan senilai mengharuskan kita menghitung nilai satuannya terlebih dahulu, kemudian melakukan perhitungan berdasarkan nilai satuan tersebut, disebut membandingkan dua besaran yang sejenis. Perbandingan antara dua besaran dapat disederhanakan jika kedua besaran tersebut satuannya sejenis (maksudnya satuannya sama).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ponco Sujatmiko, The Essentials of mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High school, (Solo: Tiga Serangkai, 2010). Dwi Sunar Prasetyono, dkk., Cerdas Matematika Untuk SMP Kelas VII: Pembahasan, Pelatihan, dan Pemantapan Praktis, (Jogjakarta: Power Books, 2009).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar