Skip to main content

Mengenal Olahraga Lompat Jauh

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: April 16, 2013

Olahraga Lompat Jauh adalah salah satu cabang olahraga Atletik. Seperti diketahui, bahwa Atletik merupakan bagian dari gabungan beberapa jenis olahraga. Olahraga lompat jauh dipertandingkan sekitar tahun 1869.
Sejarah mencatat olahraga lompat jauh pada mulanya kisaran tahun 708 SM, yaitu pada Olimpik Kuno di Greece. Dalam perhelatan tersebut, tercatat lompatan terjauh 7.05 M oleh Chionis, dari Sparta. Berdasarkan bukti lukisan yang terdapat pada tembikar yang dibuat pada zaman itu, lompatan dilakukan berulang dan berbeda dengan olahraga lompat jauh sekarang ini.
Dibanding dengan cabang atletik lompat lain, lompat jauh merupakan yang paling mudah dipelajari, hampir semua orang mampu melakukan lompat jauh dengan baik. Karena inti olahraga lompat jauh adalah aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan, dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun ketika dalam sebuah kompetisi, teknik lompatan dan peraturannya perlu dipelajari.
Dalam lompat jauh terdapat tiga macam gaya, yaitu Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air). Gaya-gaya lompat jauh mengatur sikap badan sewaktu melayang di udara. Oleh karena itu teknik lompat jauh sering disebut juga gaya lompat jauh.
Ukuran lapangan lompat jauh, dari jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter. Gerak lompat jauh merupakan gerakan dari perpaduan antara kecepatan (speed), kekuatan (stenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), ketepatan (acuration).
Para peneliti membuktikan bahwa prestasi lompat, sangat besar dipengaruhi oleh kecepatan lari ke arah tumpuan, awalan atau ancang-ancang. oleh karenanya, di samping memiliki kemampuan sprint yang baik harus didukung juga dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan saat melompat.
Referensi Makalah
*Berbagai Sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar