.

Prinsip Dasar Equatorial Sundial

 

Secara umum prinsip dasar Sundial terdiri atas dua bagian. Bagian pertama disebut dial table atau dial plate yaitu sebuah permukaan yang datar yang di sana tergambar garis-garis yang menunjukkan jam. Dial table bisa di letakkan secara horizontal, vertikal, maupun diagonal. Bagian kedua dari sundial disebut gnomon yaitu sebuah tongkat kecil yang berfungsi sebagai penghasil bayangan. Gnomon ditempatkan langsung di atas dial table dan ada pula yang diletakan sejajar dengan dial table, selain itu posisi gnomon ada yang menunjuk ke arah kutub utara langit dan ada pula yang tegak lurus terhadap dial table.
Equatorial sundial memiliki gnomon yang sejajar dengan sumbu rotasi Bumi, oleh karena itu gnomon equatorial sundial sejajar dengan garis meridian lokal dan membentuk sudut sebesar lintang tempat tersebut terhadap bidang horizon. Selain itu posisi gnomon equatorial sundial tegak lurus terhadap dial table sehingga kedudukan dial table terhadap bidang horizon miring dengan sudut sebesar 90 derajat dikurangi lintang tempat, dan sejajar dengan garis ekuator langit oleh karena itulah sundial ini di namakan equatorial sundial.
Garis-garis jam pada dial table equatorial sundial tergambar di kedua permukaannya. Ketika Matahari berada di bagian utara (deklinasi positif) dari tanggal 21 Maret sampai 23 September permukaan sundial yang menghadap ke arah utara akan tersinari, sebaliknya ketika Matahari berada di bagian selatan (deklinasi negatif) permukaan sundial yang menghadap ke arah selatan yang akan tersinari, dan ketika Matahari berada di garis ekuator yaitu pada tanggal 21 Maret dan tanggal 23 September kedua permukaan sundial akan tersinari.
Bayang-bayang gnomon pada kedua permukaan dial table bergerak beiawanan. Pada permukaan dial table yang menghadap ke Utara bayangan gnomon bergerak searah jarum jam sedangkan permukaan dial table yang menghadap ke Selatan bayang-bayang gnomonnya bergerak beiawanan dengan arah jarum jam. Hal ini disebabkan pergerakan bayang-bayang gnomon yang beiawanan dengan pergerakan Matahari yaitu dari Barat ke Timur.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Lawrence E Jones, The Sundial And Geometry, (Glastonbury: North American Sundial Society, 2005). R Newton Mayyal dan Margaret W Mayyal, Sundials Their Contruction And Use, (Cambridge: Sky Pub Corp, 1994).
Prinsip Dasar Equatorial Sundial 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Secara umum prinsip dasar Sundial terdiri atas dua bagian. Bagian pertama disebut dial table atau dial plate yaitu sebuah permukaan yang datar yang di sana tergambar garis-garis Secara umum prinsip dasar Sundial terdiri atas dua bagian. Bagian pertama disebut dial table atau dial plate yaitu sebuah permukaan yang...


Advertisement
Post a Comment