--> Skip to main content

Kelas Digital; Pengertian, Proses, dan Alasan Pentingnya Kelas Digital

Oleh: Mushlihin, al-HafizhPada: December 21, 2019

Kelas Digital; Pengertian, Proses, dan Alasan Pentingya Kelas Digital

Pengertian kelas digital

Kelas digital biasa juga diistilahkan dengan kelas maya. Kelas digital adalah lawan dari kelas tradisional yang mana dalam kelas tradisional antara pendidik dan peserta didik saling berhadapan secara langsung (Muhammad Yaumi: 2019).

Asumsi mendasar dari kelas digital adalah suatu bentuk metode pengajaran yang tidak lagi berbicara “papan tulis, kapur”, dan ceramah. Kelas digital menafikan pengetahuan terpusat dari guru (Grasha. 1996: 235). Kelas digital lahir sebagai jawaban dan bentuk penyempurnaan atas kekurangan kelas tradisional.

Dalam kelas tradisional, pembelajaran senantiasa didefinisikan sebagai kejadian yang terjadi dalam empat skat dinding ruang dari lingkungan belajar (Van Tassel-Baska et al., 2006; Gross & Van Vliet, 2005; Van Tassel-Baska, 2003). Proses ini kemudian diklaim efektif meski berlangsung dalam ruang terbatas. Peserta didik akhirnya terbatas dalam menjelajahi ruang luar dengan berbagai alasan, seperti kontrol, dan ketakutan atas gangguan/ reduksi pengetahuan yang bisa memengaruhi peserta didik.

Pembelajaran dalam kelas digital

Kelas digital adalah ruang kelas tanpa batas. Misalnya, peserta didik mungkin ingin berkomunikasi dengan pemenang Nobel penghargaan di luar negeri, atau bisa jadi ingin berdiskusi dengan orang lain yang tak berada dalam ruangan itu, berbagi temuan penelitian mereka dengan seorang profesor dari Harvard University, atau bahkan membahas isu-isu tertentu dari kepentingan mereka dengan peserta didik yang lain.

Dalam kelas digital, komunikasi tersebut dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan layanan teknologi email atau bentuk aplikasi media sosial. Konsep kelas digital terstruktur sebagai pendekatan pedagogis dimulai oleh National Gifted, Universitas Kebangsaan Malaysia pada tahun 2011. Konsep ini memperluas kelas dengan istilah pembelajaran tanpa skat. (Noriah & Abu Yazid, 2014;. Noriah et al, 2002).

Komunikasi dalam konsep ini menjadikan dua orang atau lebih saling terhubung satu sama lain melalui internet, dan berkomunikasi pada waktu yang sama satu sama lain. Selain itu, digambarkan pula kemungkinan komunikasi asynchronous yang mencerminkan hanya satu orang yang dapat berkomunikasi pada satu waktu dengan melalui Webinar atau Web conferencing. Sudah banyak negara yang menjadikan ruang kelas di sekolah mereka dengan konsep kelas digital.

Kelas digital di negara maju

Di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia, 90% dari sekolah yang ada sudah menggunakan teknologi papan tulis interaktif. Australia mengalokasikan anggaran $ 2,5 miliar untuk teknologi up-to-date pembelajaran seperti papan tulis interaktif dan ruang kelas virtual. Selandia Baru telah menyiapkan ruang kelas digital dalam lima tahun terakhir. Bahkan tahun 2015, Pemerintah Korea Selatan menginvestasikan sekitar $ 2,4 miliar untuk menerapkan buku pelajaran digital.

Keputusan pendidian negara maju yang diambil terkait konspe teknologi pembejaran dalam ruang kelas digital membawa perubahan yang sangat drastis terhadap pertumbuhan pendidikan mereka. Sudah barang tentu, implementasi, pelatihan dan adopsi metodologi pengajaran berbarengan dengan konsep kelas digital yang mereka diterapkan.

Kelas digital pada dasarnya merupakan solusi kelas berbasis teknologi, membantu untuk mengkonversi ruang kelas tradisional menjadi sesi interaktif dengan bantuan hardware terbaik dengan konten multimedia. Digitalisasi ruang kelas meliputi kurikulum, manajemen, konten digital dan infrastruktur untuk mendukung teknologi pembelajaran. Modifikasi meliputi penyiapan infrastruktur dan teknologi sebagai dukungan untuk guru dan manajemen penggunaan teknologi dan melakukan sesi interaktif khusus (Glaubke 2007; NAEYC dan Fred Rogers Center, 2012: 77).

Dalam kelas digital, komputer terpasang di ruang kelas dan terhubung ke jaringan internet. Ruang kelas otonom dan terus berkembang secara mandiri. Selain itu, peserta didik bisa memanfaatkan perangkat mobile untuk mengintegrasikan beragam rangkaian perangkat ke dalam pembelajaran. Ciri kelas digital di antaranya; menggunakan proyektor, lebih efisien setidaknya karena penggunaan kertas lebih kurang, penggunaan sumber daya digital, interaksi siswa lebih luas.

Alasan pentingnya kelas digital

Ada beberapa alasan menonjol sehingga kelas digital dianggap lebih layak (Greenhow et al., 2009: 246-259);
  1. Interaksi yang lebih luas dan komunikatif membuat peserta didik lebih giat dalam belajar.
  2. Kelas digital mbmbuka ruang pengetahuan lebih lebar dan transparan
  3. Membuat guru lebih fleksibel dan responsif untuk merampingkan teknik mengajar
  4. Ruang kelas digital membuat belajar lebih menghibur, menarik, dan menyenangkan bagi peserta didik
  5. Kelas digital mampu menjembatani kesenjangan komunikasi antara peserta didik dan orang tuanya saat mereka di dalam kelas.

Referensi Makalah

Kepustakaan:

Earl, M.., & Feeny, D. F. (2000). Managing IT as A Strategic Resource. London: McGraw-Hill.

Ertmer, P. A. (1999). Addressing First-and Second-Order Barriers to Change: Strategies for Technology Integrtion. Educational Technology, Research and Development. ProQuest Central

Falcinelli, F. (2005). E-Learning. Aspetti pedagogici e didattici. Morlacchi Editore, Perugia.

Ferrari, S., Rivoltella, PC, (2010). Scuola con i media yang Digitali. Problemi, didattiche, strumenti. Vita e Pensiero, Milano.

Glaubke, CR (2007). Influence of Interactive Me-dia on Learning Preschoolers: A Review of Research and Recommendations for the Future. Oakland, CA: Children Now.

Greenhow, C., Robelia, B., & Hughes, JE (2009). Web 2.0 and research classes: What path should we take now? Educational researcher 48

Groff, J. (2013). Technology-Rich Innovative Learning Environments. Diunduh tgl. 13 Mei 2019.https://tech.ed.gov/wp-content/uploads/2014/11/Learning- Technology-Effectiveness-Brief.pdf.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar