Skip to main content

Biografi Singkat Howard Gardner

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: June 06, 2013

Howard Gardner dilahirkan di Scranton, PA, pada tahun 1943. Ia menikah dengan Ellen Winner, psikolog perkembangan yang mengajar di Boston College dan dikaruniai empat anak: Kerith (1969), Jay (1971), Andrew (1976), dan Benjamin (1985). Kecintaan Gardner tertuju kepada keluarga dan pekerjaannya, sedangkan hobinya bepergian dan menyukai sejumlah jenis kesenian.

Howard Gardner adalah profesor di bidang pendidikan di Harvard Graduate School of Education. Dia juga adalah seorang Andjunt Professor di jurusan Psikologi di Harvard University, Andjunt Professor bidang Neurology di Boston University School of Medicine, dan mengepalai Steering Committee dari Project Zero. Diantara sejumlah penghargaan yang diraihnya, Gardner menerima Mac Arthur Prize Fellowship tahun 1981. Dia juga dihadiahi sebanyak dua puluh gelar kehormatan, antara lain dari Princeton University, McGill University dan Tel Aviv University.

Gardner adalah penemu Konsep multiple intelligences lewat bukunya Frames of Mind pada tahun 1983, yang sebenarnya, merupakan sebuah kritik dengan mengemukakan pandangan bahwa terdapat lebih dari satu inteligensi manusia yang berada di luar jangkauan instrumen pengukur psikometrik standar.

Gardner telah mengarang puluhan buku dan ratusan artikel, dan beberapa diantaranya telah dialihbahasakan ke dalam 26 bahasa,5 diantaranya adalah Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligence (1983), (1993 ed.), Multiple Intelligences: The Theory in Practice (1993), (1993 ed.), Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century (1993), Changing Minds: The Art and Science of Changing Our Own and Other People's Minds (2004), dan lain-lain.

Referensi Makalah®

Kepustakaan: Hernowo, Bu Slim dan Pak Bill: Kisah tentang Kiprah Pendidik “Multiple Intelligences” di Sekolah, (Bandung: Mizan Learning Center, 2005). Thomas Armstrong, 7 Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Konsep Multiple Intelligences, terj. T. Hermaya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002). Paul Suparno, Konsep Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner, (Yogyakarta: Kanisius, 2007).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar