Skip to main content

follow us

Media Pembelajaran Leaflet

Media pembelajaran Leaflet adalah bahan cetak tertulis berupa lembaran yang dilipat tapi tidak dimatikan atau dijahit. Media ajar jenis leaflet merupakan salah satu dari jenis media cetak. Media cetakan meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi.
Kelebihan media cetakan termasuk media pembelajaran leaflet adalah
  1. Siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. Materi pelajaran dapat dirancang sedamikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan siswa, baik yang cepat maupun yang lamban membaca dan memahami. Namun, pada akhirnya siswa diharapkan dapat menguasai nateri pelajaran itu.
  2. Di samping dapat mengulangi materi dalam media berbentuk cetakan khususnya leaflet, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis
  3. Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak yang dikemas sedemikian rupa dapat menambah daya tarik, serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang disajikan.
Keterbatasan dan merupakan bagian dari kekurangan media pembelajaran leaflet, yaitu:
  1. Tidak dapat menampilkan gerak dalam media leaflet
  2. Biaya percetakan mahal apabila ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna.
  3. Proses percetakan media sering kali memakan waktu lama.
Pembelajaran dengan memanfaatkan media ajar jenis leaflet diharapkan agar siswa mendapatkan suplemen sebelum mereka melakukan pembelajaran sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan hasil dari sebuah pembelajaran akan tercapai dengan maksimal.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Prasetya Irwan, Suciati, Wardani, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2000).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar