--> Skip to main content

Pengertian Seni, Fungsi dan Macam-macam Seni

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: November 01, 2012

Pengertian seni yang paling universal adalah identifikasi dari sebuah keindahan. Banyak yang mengatakan kalau keindahan adalah bagian dari fitrah manusia.

Herber Read menyebutkan bahwa seni merupakan usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang menyenangkan disini diartikan sebagai sebagai bentuk yang dapat membingkai perasaan keindahan

Suzanne K. Langer seorang filsuf Amerika mengatakan, mengatakan bahwa pengertian seni merupakan bentuk simbolis dari perasaan manusia, bentuk-bentuk simbolis yang mengalami tranformasi yang merupakan universalisasi dari sebuah pengalaman atau bukan sekedar terjemahan dari sebuah pengalaman tertentu.

Dalam proses mentransformasikan pengalaman atau perasaan emotifnya dalam karya seni, seorang seniman memilih atau menggunakan material untuk diolah menjadi sebuah medium. Medium tersebut kemudian diolah lagi menjadi wujud-wujud tertentu sesuai isi gagasan yang dimiliki. 

Fungsi seni

Fungsi Seni Bagi Individu

Manusia adalah makhluk yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan diri sendiri dan memenuhi kebutuhan diri sendiri. Selain itu manusia juga kerap mencurahkan emosi dan juga perasaannya melalui sebuah seni yang menggambarkan keadaanya, atau menggambarkan imajinasinya. Dari hasil mencurahkan imajinasi dan emosinya ini manusia kaan menciptakan sebuah seni yang bisa berharga.

Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang kehidupannya tidak jauh dari interaksi dengan orang lain dan lingkungan. Fungsi seni bagi sosial sendiri lebih sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sosial tersebut.

Funsi seni sebagai media kepercaaan

Fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah dalam menyampaikan pesan religi kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana atau pakaian, upacara pernikahan, kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Contoh fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah Candi Borobudur, dan relief-relief lainnya yang merupakan ilustrasi dari kitab suci suatu agama.

Fungsi seni sebagai media pendidikan

Fungsi seni sebagai media pendidikan juga sangat penting. Melalui seni, seseorang dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan lagi. Sehingga untuk menangkap sebuah informasi menjadi lebih mudah.

Fungsi seni sebagai media hiburan

Fungsi seni sebagai media hiburan di sini lebih banyak di dunia hiburan. Dunia hiburan mulai hiburan musik, hingga hiburan visual, atau hiburan audio visual memiliki seni yang berfungsi untuk membuat sebuah tontonan atau pertunjukan yang menarik khalayak.

Fungsi seni sebagai media informasi

Hampir sama dengan fungsi seni sebagai media hiburan, fungsi seni sebagai media informasi juga tidak jauh dari karya audio visual yang memberikan informasi yang menarik. Dengan seni, informasi akan lebih mudah di terima oleh orang lain.

Fungsi seni sebagai media kesehatan

Di zaman modren ini, banyak sekali seniman yang menciptakan seni yang membuat diri kita merasa nyaman bahkan lebih tenang ketika melihat, mendengar, atau merabanya. Contohnya saja, seni musik dapat menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis dari sebuah trauma kejadian.

Macam-macam Seni

1. Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang dari kesenian yang dapat dilihat dan berbentuk visual. Contoh dari seni nrupa adalah gambar, lukisan, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

2. Seni musik

Seni musik adalah sebuah karya yang menghasilkan bunyi sebagai unsur utamanya. Di dalam seni musik terdapat unsusr melodi, harmonisasi, dan juga perpaduan bunyi yang memberikan efek keindahan bagi yang mendengarnya.

3. Seni gerak

Seni gerak atau seni tari adalah salah satu jenis seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Keluesan dan kecocokan gerakan tubuh yang diiringi sebuah melodi atau ketukan membuat gerakan itu menjadi menarik dan dapat di lihat dan dinikmati.

4. Seni teater atau pertunjukan

Seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan sebuah kejadian yang nyata atau tidak nyata. Seni teater juga bisa digabungkan dengan seni musik dan seni gerak bahkan seni rupa.

5. Seni sastra

Seni sastra adalah seni yang dinikmati melalui pendengaran dan penglihatan. Biasanya seni sastra akan berbentuk kata-kata yang menarik berkesan dan disampaikan dengan cara yang indah. Contoh dari seni sasatra ada puisi dan kaligrafi.

Referensi Makalah®

Kepustakaan: Herbert Read, The Meaning of Art, (New York: Pinguin Book, 1959). Collingwood, R.G., The Principles of Art, (New York: Oxford University Press, 1974). Mike Susanto, Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa, (Yogyakarta: Kanisius, 2002). James Hall, Modern Culture and The Art, (Santa Cruz: University of California Press, 1981). https://www.liputan6.com/citizen6/read/3926132/fungsi-seni-dan-macam-macamnya-salah-satunya-sebagai-media-kesehatan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar