Skip to main content

Ikuti

Pengertian Seni

Pengertian seni yang paling universal adalah identifikasi dari sebuah keindahan. Banyak yang mengatakan kalau keindahan adalah bagian dari fitrah manusia.
Herber Read menyebutkan bahwa seni merupakan usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang menyenangkan disini diartikan sebagai sebagai bentuk yang dapat membingkai perasaan keindahan
Suzanne K. Langer seorang filsuf Amerika mengatakan, mengatakan bahwa pengertian seni merupakan bentuk simbolis dari perasaan manusia, bentuk-bentuk simbolis yang mengalami tranformasi yang merupakan universalisasi dari sebuah pengalaman atau bukan sekedar terjemahan dari sebuah pengalaman tertentu.
Dalam proses mentransformasikan pengalaman atau perasaan emotifnya dalam karya seni, seorang seniman memilih atau menggunakan material untuk diolah menjadi sebuah medium. Medium tersebut kemudian diolah lagi menjadi wujud-wujud tertentu sesuai isi gagasan yang dimiliki.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Herbert Read, The Meaning of Art, (New York: Pinguin Book, 1959). Collingwood, R.G., The Principles of Art, (New York: Oxford University Press, 1974). Mike Susanto, Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa, (Yogyakarta: Kanisius, 2002). James Hall, Modern Culture and The Art, (Santa Cruz: University of California Press, 1981).

Referensi Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar