Skip to main content

Biografi Anas bin Malik

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: September 06, 2012

Nama lengkap Anas bin Malik adalah Anas bin Malik bin Nadri bin Damdam bin Zaid bin Hiram bin Jundab bin Amir bin Ganam bin Adiyyi bin al-Najjar al-Anshari al-Najjari. Kunniyah-nya Abu Umayyah, sedangkan laqab-nya adalah al-Ka’bi al-Qusyairi. Anak dari Ummu Sulaim binti Milhan bin Zaid bin Mihran ini selain sebagai Shahabat juga sebagai pelayan Nabi lahirkan di saw.
Anas bin Malik lahir di Madinah pada tahun 10 H atau 612 M, setelah Muhammad saw tiba di Madinah, ibunya menyerahkannya kepadanya untuk menjadi khadam Rasulullah. Setelah Rasul wafat, Anas bin Malik menjadi khadam khalifah Abu Bakar, Umar dan Usman ra., setelah itu Anas pindah ke Basrah sampai akhir hayatnya pada tahun 73 H. Pendapat lain mengatakan tahun 71 H dan pendapat terakhir mengatakan tahun 70 H.
Anas bin Malik meriwayatkan hadis sebanyak 2236 hadis. Kebanyakan hadisnya diriwayatkan oleh ank-anaknya sendiri, Musa al-Nadir dan Abu Bakar. Adapun di antara tabi’in yang meriwayatkan hadisnya ialah: al-Hasan al-Basri, Sulaiman al-Taimiy, Abu qilabah, Qatadah dan lain-lain.
Guru-guru Anas bin Malik antara lain yaitu, ia berguru langsung kepada Nabi saw, Fatimah binti Rasulullah saw, Abu Bakar, Umar bin Khattab Usman bin Affan, Ibnu Abbas dan lain-lain. Sedangkan muridnya adalah Ja’far bin Abdullah, Muhamad bin Sirrin, Ibnu Syihab, Amru bin Abi 'Amru Maisarah dan lain-lain.
Pandangan ulama kritikus hadis terhadap Anas bin Malik; menurut riwayat Ja’far bin Sulaiman dari Stabit dari anas bahwa Ummu Sulaim dan Anas pernah mendatangi Nabi saw., lalu meminta Nabi untuk mendo’akan anaknya maka Rasulullah berdo’a وأدخله الجنة اللهم أكثر ماله وولده Masukkan ia kedalam syurga, Ya Allah perbanyak harta dan anaknya. Ia juga pernah didoakan rasul agar dipanjangkan umurnya, Allah mengabulkan do’a tersebut sehingga ia mendapatkan harta dan anak yang banyak serta umur yang panjang.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
al-Hafizh al-Muttaqi Jamaluddin Abi Hajjaj Yusuf al-Mizzi, Tahzib al-Kamal fi asma’ al-Rijal, Juz I, (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1418 H/ 1998 M). Abdu al-Gaffar Sulaiman al-Bandari, Mausu’ah Rijal al-Kutub al-Tis’ah, Juz 1 (Cet. I; Beirut: Dar- al-Kutub al-Ilmiah, 1413 H/1993 M). Imam Malik, al-Muwatta’, diterj. Muhammad Iqbak bin Kadir, al-Muwatta’ Imam Malik, Juz II (Cet. I; Jakarta: Pustaka Azzam, 2007).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar