Skip to main content

Pengertian Pengolahan Data dalam Penelitian

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 01, 2012

Pengolahan berasal dari kata olah yang berati mengerjakan, mengusahakan supaya supaya menjadi barang lain atau menjadi lebih sempurna. Pengolahan berati proses, cara, perbuatan mengolah.
Data berarti keterangan yang benar dan nyata; dan atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian.
Data adalah fakta empirik yang dikumpulkan oleh peneliti untuk kepentingan memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan penelitian. Data penelitian dapat berasal dari berbagai sumber yang dikumpulkan dengan menggunakan berbagai teknik selama kegiatan penelitian berlangsung. (baca pengertian data dan fakta di sini)
Joko Subagyo merumuskan pengertian data sebagai semua keterangan baik yang berasal dari dokumen-dokumen, maupun dalam bentuk yang lainnya guna keperluan penelitian.
Jadi, pengolahan data ialah proses, cara, perbuatan mengolah semua keterangan untuk keperluan penelitian yang bersifat teratur (sistematis) dan terencana.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Tim Penyusun Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990). Joko Subagyo Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, (Cet. IV; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar