Skip to main content

follow us

Fungsi Bahasa dalam Kajian Linguistik

Para pakar memiliki interpretasi yang berbeda-beda tentang fungsi bahasa. Dalam kajian linguistik, bahasa melihat bahwa bahasa berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan emosi. Sedangkan aliran sosiolinguistik berpendapat bahwa bahasa adalah sarana perubahan manusia.
Mengutip pendapat Halliday yang dikutip Jujun dan Amsal Bakhtiar menuliskan dalam bukunya filsafat ilmu. Fungsi bahasa adalah:
  1. Fungsi Instrumental: penggunaan bahasa untuk mencapai suatu hal yang bersifat materi seperti makan, minum, dan sebagainya.
  2. Fungsi Regulatoris: penggunaan bahasa untuk memerintah dan perbaikan tingkah laku.
  3. Fungsi Interaksional: penggunaan bahasa untuk salng mencurahkan perasaan pemikiran antara seseorang dan orang lain.
  4. Fungsi Personal: seseorang menggunakan bahasa untuk mencurahkan perasaan dan pikiran.
  5. Fungsi Heuristik: penggunaan bahasa untuk mencapai mengungkap tabir fenomena dan keinginan untuk mempelajarinya.
  6. Fungsi Imajinatif: penggunaan bahasa untuk mengungkapkan imajinasi seseorang dan gambaran-gambaran tentang discovery seseorang dan tidak sesuai dengan realita (dunia nyata).
  7. Fungsi Representasional: penggunaan bahasa untuk menggambarkan pemikiran dan wawasan serta menyampaikannya pada orang lain.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu, Edisi Revisi (Jakarta;Rajawali Press:2004). Jujun S. Suriasumantri dkk., Ilmu Dalam Perspektif Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu,Cet.XI, (Jakarta;Yayasan Obor Indonesia:1994).

Anda Mungkin Suka Referensi Ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar