Skip to main content

follow us

Formulasi Kajian Pustaka untuk Penelitian Lapangan dan Kepustakaan

Formulasi kajian pustaka untuk penelitian lapangan, dimaksudkan untuk :
  1. Menjelaskan bahwa pokok masalah yang akan diteliti mempunyai relevansi (sesuai atau tidak sesuai) dengan sejumlah teori yang ada dalam literatur.
  2. Menjelaskan bahwa pokok masalah yang akan diteliti belum pernah diteliti dan dibahas oleh penulis lain sebelumnya.
Sedangkan untuk penelitian kepustakaan, kajian pustaka dimaksudkan untuk :
  1. Menjelaskan bahwa pokok masalah yang akan diteliti dan dibahas belum pernah dibahas oleh penulis lain sebelumnya atau mungkin disinggung oleh penulis lain, namun tidak berdasar pada hasil penelitian dan belum merupakan pembahasn yang mendalam.
  2. Menjelaskan bahwa teori-teori yang sudah ada dalam buku tentang masalah yang akan dikaji itu tidak relevan lagi, dan kekeliruannya akan dibuktikan, sehingga tampak jelas pentingnya penelitian yang akan dilakukan oleh penulis.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ibnu Hadjar, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan (Cet. I; Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996). C.M. Lindvall, The Review of Related Research, dalam Gephart, Educational Research : Selected Reading (Cet. I; Columbus : Charles E. Merrill Pub. Co, 1969). Wardi Bachtiar, Metologi Penelitian Ilmu Dakwah (Cet. I; Jakarta : Logos, 1997).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar