Skip to main content

Cara Menentukan Topik Penelitian

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: May 29, 2012

Dalam pembahasan mengenai masalah topik dan judul penelitian, ada yang menyamakan masalah dengan topik, ada yang menyamakan antara topik dengan judul dan ada pula yang membedakannya.
Bagi yang menyamakan, dapat dikatakan hal itu bisa saja terjadi, karena masalah memang mengandung topik penelitian dan dalam topik itu tercermin pula judul penelitian. Demikian juga yang membedakan, karena secara analisis memang berbeda. Masalah merupakan sesuatu yang menunjukkan kesenjangan atau perbedaan, topik adalah sesuatu yang bersifat tematik, sedangkan judul dapat bersifat informatif atau simbolik. Dengan kata lain, topik merupakan inti persoalan yang bisa sama dengan judul, juga bisa berbeda dengan judul.
Judul penelitian dapat saja dirumuskan dengan kalimat yang lengkap, sehingga dengan membaca judul dapat diketahui arah dari kegiatan penelitian dimaksud. Sebaliknya, dapat pula dirumuskan sesingkat mungkin.
Menurut Suharsimi Arikunto, judul yang lengkap diharapkan mencakup ;1) sifat dan jenis penelitian, 2) objek yang diteliti, 3) subjek penelitian, 4) lokasi daerah penelitian, dan 5) tahun atau waktu terjadinya peristiwa.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar