Skip to main content

Macam-macam Huruf Jarr

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: February 22, 2012

Jumlah huruf jarr terbagi atas 18, yaitu : 1) الباء (dengan), 2) من (dari), 3) إلى (ke), 4) عن (dari), 5) على (atas), 6) في (di), 7) الكاف (seperti), 8) اللام (bagi), 9) واو القسم (waw sumpah), 10) تاء القسم (ta sumpah), 11) مذ (sejak), 12) منذ (sejak), 13) رب (banyak sekali), 14) حتى (sehingga), 15) جلا (selain), 16) عدا (selain), 17) حاشا (selain), dan 18) كي (supaya). Dua huruf jarr, yaitu متى dan لعل , dalam penggunaannya sangat terbatas, hanya pada suku/kabilah Huzain dan Uqail. Sementara kelompok lain memasukkan متى dalam huruf al-istifham, sedangkan لعل dikelompokkan dalam huruf naqab.
Dari huruf al-jarr di atas, dilihat dari jumlah hurufnya pada setiap kata, huruf al-jarr dapat di bagi atas 4 kelompok, yaitu :
  1. Terdiri atas satu huruf (الأحادية) seperti : الباء, الكاف, اللام, الواو, dan .التاء
  2. Terdiri atas dua huruf (إثنائية) seperti : من, عن, في, كى, مذ
  3. Terdiri atas tiga huruf (الثلا ثية) seperti : الى, على, متى, منذ, خلا, عدا
  4. Terdiri atas empat huruf (الرباعية) seperti : حتى, لعل, حاشا
Menurut Mustafa al-Galayani, huruf al- jarr di atas terbagi atas 3 kelompok, yaitu kelompok huruf yang lafazhnya berkombinasi dengan kata benda (isim), seperti : الكاف, عن, على, مذ dan منذ, kelompok huruf yang lafazhnya di pandang berkombinasi dengan kata kerja (fi’il), seperti : خلا, عدا, حاشا , kelompok kata yang hanya semata-mata menunjuk kepada huruf, seperti : من, الى, فى, رب, أللام, الواو, التاء, حتى, كى, لعل, dan متى (kapan).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Mustafa al-Gulayaeni, Jami’ al-Duruws al-arabiyah (Semaang : al-Syifa, 1991). Ahmad Thib Raya, Huruf al-Jarr dalam Al-Qur’an (Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bahasa Arab, Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin, 1999).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar