Skip to main content

follow us

Mengenal Teologi; Suatu Pengantar

Teologi adalah ilmu membahas ajaran-ajaran dasar yang dari suatu agama. Mempelajari teologi akan memberi seseorang keyakinan. Keyakinan yang berdasarkan pada landasan kuat, yang tidak mudah diombang-ambing oleh predaran zaman.
Dalam istilah Arab, ajaran-ajaran dasar itu disebut usul ad-Ain dan oleh karena itu buku yang membahas soal-soal teologi dalam islam selalu diberi nama kitab Usul ad-Din oleh para pengarangnya. Ajaran-ajaran dasar itu disebut juga Aqa’id (Credos) keyakinan-keyakinan dan buku-buku yang mengupas keyakinan-keyakinan itu diberi judul al-Aqa’id seperti Al-Aqa’id al- Nasafiah dan al-Aqa’id al-‘Ubudiyah.
Teologi dalam Islam disebut juga Ilmu Tauhid yang mengandung arti satu, esa dan keesaan dalam pandangan Islam sebagai agama monotheisme, merupakan sifat yang terpenting diantara segala sifat-sifat Tuhan.
Selanjutnya teologi Islam disebut juga ‘Ilm al-Kalam. Kalam adalah kata-kata. Kalau dimaksud dengan kalam ialah sabda Tuhan maka teologi dalam Islam disebut ilmu kalam, karena soal kalam sabda Tuhan atau al-Quran pernah menimbulkan pertentangan-pertentangan keras di kalangan umat Islam di abad ke IX dan X Masehi, sehingga timbul penganiayaan dan pembunuhan-pembunuhan terhadap semua sesama Muslim di waktu itu.
Beberapa aliran dalam teologi, akan diungkap pada kesempatan lain. Semoga pengertian tentang teologi ini cukup menjadi pengantar dalam mengenal aliran teologi khususnya dalam Islam.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber

Anda Mungkin Suka Referensi Ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar