.

Strategi Small Group Discussion dalam Pembelajaran

 

Strategi Small Group Discussion dalam pembelajaran, adalah salah satu strategi pembelajaran aktif dimana dalam proses pembelajaran peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil guna memecahkan dan mendiskusikan beberapa topik permasalahan. Topik yang didiskusikan berupa materi yang sesui dengn Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Diskusi merupakan percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu kelompok untuk saling bertukar pendapat tentang suatu masalah atau bersama-sama mencari pemecahan, mendapatkan jawaban atas suatu masalah. Sedangkan diskusi kelompok (Group Discussion) dapat diartikan sebagai jalan untuk memecahkan suatu masalah yang memerlukan beberapa jawaban alternatif yang dapat mendekati kebenaran dalam proses belajar mengajar (PBM), yang dapat merangsang murid untuk berfikir sistematis, kritis dan bersikap dalam menyumbangkan pikiran-pikirannya untuk memecahkan suatu permasalahan.
Sedangkan tujuan penggunaan model diskusi adalah untuk mendorong (memotivasi) dan memberi stimulasi (rangsangan) kepada peserta didik agar berfikir dengan renungan yang dalam (refflective thinking).
Dalam belajar kelompok kecil (small group), pengetahuan yang total yang ada dalam kelompok cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh peserta didik perorang. Oleh karena itu, dengan adanya strategi pembelajaran Small Group Discussion ini, sangat memungkinkan bagi seorang pendidik untuk bisa memberikan soal-soal yang relative lebih sulit jika dibandingkan dengan jika diberikan kepada peserta didik secara perseorangan. Dengan demikian pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk berfikir kritis, sistematis dan saling menyumbangkan fikirannya baik dalam kelompoknya maupun secara klasikal.
Pembelajaran dengan strategi Small Group Discussion lebih mengutamakan pola kerjasama dalam kelompok kecil sehingga peserta didik tidak ada yang merasa bahwa dirinya yang paling pintar dan menguasai materi. Dengan adanya strategi Small Group Discussion, diharapkan peserta didik terbiasa untuk mengeluarkan pendapat dan bekerjasama dalam mengembangkan keterampilan social.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Soenarjo, dkk, Al-Quran dan Terjemahannya, (Jakarta: Depag RI, 2006). Suryo Subroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002). Muhibm Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000). Daniel Mujis dan David Reynolds, Effective Teaching, Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).
Strategi Small Group Discussion dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Oleh karena itu, dengan adanya strategi pembelajaran Small Group Discussion ini, sangat memungkinkan bagi seorang pendidik Strategi Small Group Discussion dalam pembelajaran, adalah salah satu strategi pembelajaran aktif dimana dalam proses pembelajaran peserta...


Advertisement
Post a Comment