.

Arti Pengetahuan

 

Arti pengetahuan, memiliki persamaan dan perbedaan dengan arti ilmu. Pengetahuan dapat diartikan sebagai pengakuan tentang hubungan sesuatu dengan sesuatu yang lain, terdiri dari; 1) Dasar yang diakui atau dasar pengakuan berupa sesuatu yang disebut subyek; 2) Sesuatu yang diakui, tentang dasar itu, disebut predikat.
Contoh lain secara sederhana adalah: Orang itu pencuri, Anak itu cantik, perkaranya belum selesai, perusahaannya bangkrut, desa itu makmur, dan lain-lain. Contoh-contoh sederhana ini, jelas bahwa kesimpulan sebagai pengetahuan khusus atau pengetahuan indera yang dinyatakan secara eksplisit, sekurang-kurangnya mengandung dua sesuatu yang dihubungkan atau diakui hubungannya.
Pengetahuan yang memuaskan dorongan ingin tahu manusia adalah pengetahuan yang benar. Dengan kata lain pengetahuan yang memuaskan manusia adalah pengetahuan yang benar atau kebenaran. Kebenaran adalah persesuaian antara pengetahuan dengan obyeknya. Akan tetapi karena suatu obyek kerap kali banyak aspeknya, maka kebenaran sulit sekali untuk mencakup seluruh aspek obyeknya itu.
Oleh karena itu, sangat sulit mencakup seluruh kebenaran atau untuk mengungkapkan pengetahuan yang benar mengenai seluruh aspek suatu obyek tertentu. Kerap kali terjadi pengetahuan manusia hanya sesuai dengan salah satu atau beberapa aspek saja dari obyeknya, sehingga kebenaran yang dapat dicapainya menjadi terbatas yakni seluas dan sejauh persesuaian antara aspek yang diketahui dengan obyeknya.
Berdasarkan uraian tersebut, penulis simpulkan bahwa pengetahuan adalah pengakuan hubungan antara dua sesuatu, yang memiliki persesuaian dengan obyeknya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, (Gadjah Mada Universiti Press, Yogyakarta, 1993).
Arti Pengetahuan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pengetahuan yang memuaskan dorongan ingin tahu manusia adalah pengetahuan yang benar. Dengan kata lain Arti pengetahuan, memiliki persamaan dan perbedaan dengan arti ilmu . Pengetahuan dapat diartikan sebagai pengakuan tentang hubungan sesuat...


Advertisement
Post a Comment