.

Pengertian Seni Tari menurut Pakar

 

Seni tari adalah salah satu bagian dari seni berupa gerakan berirama sebagai ungkapan jiwa manusia. Gerak dalam tari adalah gerak yang bertenaga, gerak tari yang mengawali mengendalikan, serta menghentikan gerak. Gerak merupakan unsur dominan atau pokok dalam tari.
Untuk mendapatkan pengertian yang lebih dalam tentang pengertian seni tari, penulis akan mengutip pengertian seni tari dari pakar tari.
Menurut B. Ph. Soeryodiningrat, pengertian seni tari adalah gerak-gerik dari seluruh anggota tubuh atau badan yang selaras dengan bunyi, diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan di dalam tari.
Corri Hartong dalam bukunya Dankunst menjelaskan: Seni tari adalah gerak-gerik yang diberi bentuk dan ritmus dari badan di dalam ruang.
Wisnoe Wardhana dalam bukunya Dance Composition mengungkapkan bahwa seni tari adalah ekspresi gerak dan media tubuh manusia.
Menurut Susanne K. Langer, seni tari adalah gerak-gerik yang dibentuk secara ekspresif untuk dapat dinikmati dengan rasa.
Atmadibrata dalam Budaya Jaya (1978) menjelaskan bahwa, pengertian seni tari bukan hanya gerak fisik yang indah berirama, yang tampil dipentas serta dilakukan oleh sekelompok pelaku, dan ditangkap oleh sekelompok yang disebut penonton. Tari tumbuh karena kebutuhan manusia dalam rangka menemukan keserasian dengan lingkungan guna mempertahankan kesinambungan hidupnya.
Dari sekian pendapat mengenai pengertian seni tari, penulis menarik kesimpulan bahwa substansi tari adalah gerak. Maksud gerak di sini, bukan gerak yang dilakukan manusia sehari-hari, melainkan gerak dalam arti dan proses tertentu sehingga berubah dari bentuk alami.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sugiyanto, et.al, Kerajinan Tangan dan Kesenian Untuk SLTP, (Jakarta: Erlangga, 1999). Triyanto Triwikromo, et.al, INUL, (Jogjakarta: Bentang Budaya, 2003).
Pengertian Seni Tari menurut Pakar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Atmadibrata dalam Budaya Jaya (1978) menjelaskan bahwa, pengertian seni tari bukan hanya gerak fisik yang indah berirama, Seni tari adalah salah satu bagian dari seni berupa gerakan berirama sebagai ungkapan jiwa manusia. Gerak dalam tari adalah gerak yang ber...


Advertisement
Post a Comment