.

Fungsi Metode Pembelajaran

 

Metode dalam bahasa Inggris disebut method, yang berarti “1. Cara, proses, …; 2. Sistem, susunan; 3. Sistematika.” Secara umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Metode pembelajaran berarti suatu cara atau prosedur yang teratur dalam melakukan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.
Tujuan yang dimaksud adalah sejumlah kompetensi yang harus dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Agar tujuan (kompetensi) tersebut dapat tercapai dengan baik dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat. Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, fungsi metode pembelajaran meliputi:
Alat Motivasi Ekstrinsik
Sebagai salah satu komponen pembelajaran metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lain. Tidak ada satu pun kegiatan pembelajaran yang tidak menggunakan metode pembelajaran. Ini berarti, fungsi metode pembelajaran sebagai alat motivasi ekstrinsik, dengan menempatkan guru sebagai motivatornya. Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar. Metode pembelajaran berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar peserta didik.
Strategi Pembelajaran
Daya serap peserta didik terhadap bahan yang diberikan juga bermacam-macam. Ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Faktor inteligensi mempengaruhi daya serap peserta didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan guru. Perbedaan daya serap peserta didik memerlukan strategi pembelajaran yang tepat, dan metode merupakan salah satu solusinya. Bagi sekelompok peserta didik boleh jadi mudah menyerap bahan pelajaran bila guru menggunakan metode tanya jawab, tapi bagi sekelompok peserta didik yang lain. Di sinilah letak fungsi metode pembelajaran.
Alat untuk Mencapai Tujuan
Tujuan adalah suatu cita-cita yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pedoman yang memberi arah kemana kegiatan pembelajaran akan dibawa. Tujuan dari kegiatan pembelajaran tidak akan pernah tercapai selama komponen-komponen lainnya tidak diperlukan. Salah satu komponen tersebut adalah metode. Fungsi metode pembelajaran adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dengan memanfaatkan metode secara akurat guru akan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Ketika tujuan dirumuskan agar anak didik memiliki keterampilan tertentu, maka metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Peter Salim, The Contemporary English-Indonesian Dictionary, Second Edition (Jakarta: Modern English Press, 1986). Victoria Neufeldt and David B. Guralnik, Webster’s New World College Dictionary, Third Edition (USA: Macmillan, 1995). Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar – Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami (Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2007). Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. XIV; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007). Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Cet. III; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006). Roestiyah NK, Masalah-masalah Ilmu Keguruan (Cet. III; Jakarta: Bina Aksara, 1989).
Fungsi Metode Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Fungsi metode pembelajaran adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dengan memanfaatkan metode secara akurat guru akan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Metode dalam bahasa Inggris disebut method , yang berarti “1. Cara, proses, …; 2. Sistem, susunan; 3. Sistematika.” Secara umum, metode dia...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment