Skip to main content

Pengertian Unit Analisis dalam Penelitian

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: September 05, 2012

Unit analisis dalam penelitian adalah satuan tertentu yang diperhitungkan sebagai subjek penelitian. Dalam pengertian yang lain, Unit analisis diartikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan fokus/ komponen yang diteliti.

Unit analisis ini dilakukan oleh peneliti agar validitas dan reabilitas penelitian dapat terjaga. Karena terkadang peneliti masih bingung membedakan antara objek penelitian, subjek penelitian dan sumber data.

Unit analisis suatu penelitian dapat berupa individu, kelompok, organisasi, benda, wilayah dan waktu tertentu sesuai dengan pokus permasalahannya. Penjelasan masing-masing sebagai berikut: Unit

Analisis Berupa Manusia

Unit analisis yang berupa manusia dapat berarti manusia sebagai individu, keluarga, kelompok/oraginasasi, komunitas dan masyarakat. Misalnya penelitian Pradjarta Dirjosanjoto tentang Memelihara Umat : Peranan Kyai dalam usaha pembangunan dan mempertahankan identitas lokal di daerah Muriah. Dalam penelitian ini unit analisisnya adalah Kyai sebagai individu maupun lembaga (lembaga ke-kyai-an).

Unit Analisis Berupa Organisasi

Unit analisis berupa organisasi dapat berupa organisasi dalam skala atau level kecil atau terbatas seperti sekolah, pesantren, organisasi mahasiswa jurusan dan lain sebagainya, maupun dalam skala besar, seperti ormas besar, perusahaan, perserikatan dan negara. Contohnya penelitian Victor Tanja Himpunan Mahasiswa Islam : Sejarah dan Kedudukannya di Tengah Gerakan-gerakan Muslim pembaharu di Indonesia. Dalam penelitian ini unit analisisnya adalah HMI sebagai organisasi.

Unit Analisis Berupa Benda

Unit analisis yang berupa benda dapat berupa buku, kitab suci, pikiran/gagasan, naskah, undang-undang, kebijakan-kebijakan. Cerita-cerita rakyat, adat, dan sebagainya. Contohnya penelitian Zukarni yahya yang berjudul Metode Pemikiran Abu Hamid al-Gazali dalam Teologi Islam, yang diterbitkan menjadi Teologi al-Gazali , di sini yang menjadi unit analisis adalah pikiran-pikiran al-Gazali.

Unit Analisis Berupa Wilayah

Unit analisis berupa wilayah bisa berupa wilayah administratif tertentu, wilayah ekologis tertentu atau wilayah sosial tertentu. Contonya, penelitian Abu Hamid yang berjudul System pendidikan medrasah dan pesantren di Sulawesi Selatan.

Unit Analisis Berupa Waktu

Unit analisis yang berupa waktu adalah dimensi waktu yang relevan dengan persoalan yang diangkat. Misalnya, penelitiannya Delia Noer yang mengkaji Gerakan Modern Islam di Indonesia pada tahun 1900. Waktu antara tahun 1900 sampai tahun 1942 tersebut ditentukan berdasarkan perbedaan pola gerakan sebelumnya (tahun 1900) yang bersifat mekanik, perorangan, sporadis; sedangkan setelah tahun 1900 telah terorganisir dan terencana. Batas tahun 1942 ditetapkan berdasarkan kehadiran bala tentara Jepang menguasai Indonesia.

Referensi Makalah®
Kepustakaan: Soekitjo Notoatmojo, Metodologi Penelitian Kesehatan, (Cet. III; Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2005). S. Nasutiaon, Metode Reseach, (Cet.VI; Jakarta : Bumi Aksara, 2003). Suharsismi Arikunto, Prosedur Penelitian, (cet. XII; Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002). Imam Suprayogo dan Topbroni, Methodologi Penelitian Sosial Agama (Cet. XII; Bandung : Remaja Rosdakarya, 2003).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar