.

Pengertian Metode dalam Pembelajaran

 

Kata “metode” berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos, yang berarti jalan atau cara. Dalam pembelajaran, metode didefinisikan dengan “rencana penyajian pelajaran secara menyeluruh, dengan uruta yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu.”
Dari definisi tersebut, diketahui bahwa metode dalam pembelajaran merupakan turunan atau penjabaran dari suatu pendekatan tertentu. Dengan demikian, maka dalam pendekatan sudah pasti memiliki satu metode yang ada dalam suatu pendekatan itu dan digunakan untuk mempresentasikan setiap materi pelajaran?, Dan dalam menyampaikan suatu materi tentu dapat menggunakan semua metode yang ada dalam suatu pendekatan.
Persoalan-persoalan itu ternyata belum banyak dibahas bahkan belum ada yang membahas dalam pengajaran. Sebagai jawaban atas dua persoalan tersebut adalah bergantung pada sifat materi pelajaran dan tujuan pengajaran. Karena suatu metode dalam pembelajaran baru dapat ditentukan setelah ditentukannya materi atau bahan pelajaran dan bahan pelajaran baru dapat ditentukan setelah ditentukannya tujuan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
W. J. S. Poerwadarminta, Kamus Umus Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1993). Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar (Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997). Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 1993). Tayyar Yusuf, et al., Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab (Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995).
Pengertian Metode dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Persoalan-persoalan itu ternyata belum banyak dibahas bahkan belum ada yang membahas dalam pengajaran. Kata “metode” berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos, yang berarti jalan atau cara. Dalam pembelajaran , metode didefinisikan dengan “re...



Advertisement

2 comments:

  1. OK tnk you, sangat bermanfaat bagi calon peneliti/penulis, untuk mendapatkan referensi yang seseai diperpus kadang terkendala waktu dsb.

    ReplyDelete