Skip to main content

Pengertian Pendekatan dalam Pembelajaran

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: September 04, 2012

Pendekatan dalam pembelajaran adalah seperangkat asumsi yang bertalian dengan hakekat pembelajaran, hakekat materi pengajaran dan belajar itu sendiri. Menurut Radhi al-Hafidh, pendekatan (approach) adalah pendirian, filsafat atau keyakinan yang bersifat aksimatis, diyakini tapi tidak mesti dibuktikan.
Dari pendapat di atas, penulis dapat berasumsi bahwa pendekatan dalam pembelajaran adalah menyatakan pokok pikiran landasan pikiran, hal yang dipandang benar atau sesuatu yang diyakini, tetapi tidak perlu dibuktikan kebenarannya.
Misalnya pendekatan dalam pembelajaran bahasa, adalah apa yang kita dengar dan kita ucapkan, sedangkan tulisan hanyalah aspek yang muncul sesudahnya atau lanjutan dari apa yang kita dengar dan kita ucapkan. Oleh karena itu, dalam pengajaran bahasa, aspek menyimak dan bercakap-cakap harus diajarkan sebelum mengajarkan aspek membaca dan menulis.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar (Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997). Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 1993).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar