.

Biografi Ali Mustafa Yaqub

 

Ali Mustafa Yaqub, dilahirkan di Kemiri, Batang, Jawa Tengah tahun 1952. Pendidikan Ali Mustafa Yaqub dari SD sampai dengan SMP, dijalani di Batang kota kelahirannya. Minat untuk belajar agama mulai tumbuh, selepas beliau menamatkan pendidikan di jenjang SMP. Ali Mustafa Yaqub kemudian mondok di sebuah pesantren di Seblak, Jombang untuk belajar agama sampai tahun 1969, kemudian melanjutkan di Fakultas Syari’ah Universitas Hasyim As’ari sampai awal tahun 1976 dan pada tahun itu juga ia masuk Fakultas Syari’ah Universitas Muhammad ibnu Saud sampai tahun 1985 kemudian mengambil Master di Universitas yang sama pada Jurusan yang beliau anggap nikmat yaitu Jurusan Tafsir dan Ilmu Hadis.
Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok pribadi intelektual muslim. Ia dikenal sebagai pakar Ilmu Hadis. Sebab itu tidak mengherankan bila ia mengembangkan da’wah Islamiah lewat perspektif hadis. Dan kalau berbicara soal hadis berikut kisi-kisi kehidupan, perilaku dan tindakan Rasulullah saw. Ali Mustafa Yaqub memang memiliki otoritas.
Ali Mustafa Yaqub adalah alumni pascasarjana King Saud Riyad Saudi Arabiyah. Dia termasuk salah seorang murid ulama terkenal yang juga pakar di bidang hadis asal Saudi Abiyah, yaitu professor M. M. Azami.
Di masa remajanya, Ali Mustafa Yakub pernah belajar di pesantren Tebuh Ireng Jombang Jawa Timur. Sekarang ini ia sibuk membina Pesantren Tinggi Darus Sunnah. Sebuah lembaga pendidikan setingkat sarjana yang ia dirikan sejak tahun 1997. Pesantren tersebut memberikan pendidikan secara gratis dan banyak diminati oleh anak-anak muda dari berbagai daerah.
Selain itu ia juga aktif sebagai guru besar di Institut Ilmu Qur’an (IIQ) Ciputat. Ia juga pernah mengajar kurang lebih 5 tahun lamanya di IAIN Ciputat Jakarta. Dan saat ini ia adalah salah seorang anggota MUI Pusat.
Ali Mustafa Yaqub adalah seorang kiyai yang sangat sederhana dan ikhlas. Di tengah-tengah kesibukannya ia masih meluangkan waktunya untuk wawancara dengan wartawan Sabili di kediamannya, di Ciputat Banten.
Di sela-sela kesibukannya pula ia telah banyak menulis buku, dan yang terbanyak tulisannya adalah di bidang ilmu hadis sesuai dengan keahliannya.
Di antara tulisan-tulisannya yang bisa dijadikan sebagai referensi adalah:
  1. Memahami Hakikat Hukum Islam (Alih Bahasa dari Prof. Dr. M.A. al-Bayanuni, 1986) 
  2. Nasihat Nabi Kepada Pembaca dan Penghafal Qur’an. (1990) 
  3. Imam Bukhari dan Metodologi Kritik dalam Ilmu Hadis (1991) 
  4. Hadis Nabi dan Sejarah Kodifikasinya (Alih Bahasa dari Prof. Dr. M.M. Azami 1994) 
  5. Kritik Hadis (1995) 
  6. Hadis-hadis Bermasalah (2003) 
  7. Hadis-hadis Palsu Seputar Ramadhan (2003).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ali Yafi, Tabloid Jurnal Islam, no 70, (Jakarta: 2002). Ali Mustafa Yaqub, Hadis-hadis Bermasalah, (Cet. VI; Jakarta: P>.T. Pustaka Firdaus, 2008).
Biografi Ali Mustafa Yaqub 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok pribadi intelektual muslim. Ia dikenal sebagai pakar Ilmu Hadis. Sebab itu tidak mengherankan bila ia mengembangkan da’wah Islamiah lewat perspektif hadis. Ali Mustafa Yaqub, dilahirkan di Kemiri, Batang, Jawa Tengah tahun 1952. Pendidikan Ali Mustafa Yaqub dari SD sampai dengan SMP, dijalani d...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment