.

Pengertian Tamyiz (at-Tamyiz)

 

Secara etimologi kata Tamyiz berasal dari kata dasar “ ميز ’’ yang berarti memisahkan sesuatu dari sesuatu yang membonceng, memisahkan sesuatu dari suatu tempat ke tempat yang lain, membedakan sesuatu dari yang lain.
Sedangkan menurut terminologi, tamyiz adalah isim nakirah yang dituturkan uantuk memperjelas kesamaan suatu zat atau suatu nisbah. Tiap-tiap isim nakirah yang mengandung makna dari untuk menjelasakan apa yang terdahulu dari yang sama, sama saja kesamaan zat atau kesamaan nisbah.
Pengertian Tamyiz lain adalah, isim yang menjelaskan maksud isim yang terdapat sebelumnya yang memungkinkan beberapa pengertian.
Dari ketiga pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan Tamyiz adalah suatu istilah terhadap fungsi isim tertentu dalam suatu struktur kalimat yang bertujuan untuk menjelaskan atau menghilangkan kesamaran dari apa yang dikehendaki oleh kata atau kalimat sebelumnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abu al-Husaen Ahmad bin Faris bin Zakariyah, Mu’jam al-Maqayis al-Lugah (Mesir : Mustafa al-Baby al-Halaby wa Auladuh, 1972). Luis Ma’luf, al-Munjid Fi al-Lugah wa-al-A’lam (Beirut: Dar al- Masyrik,1986). Ahmad Warson Munawwir, Kamus Arab Indonesia Lengkap (Surabaya: Risalah Progresif, 1997). Mustafa al-Gulayaeni, Jami’ al-Duruws al-arabiyah (Semaang : al-Syifa, 1991). Amin Ali sayyid, Fi Ilm al-Nahwu (kairo: Dar al-maarif, 1986). Ali Jasim dan Mustafa Amin, Nahwu al-Wadhi Fi Qawaid al-Lugah al-Arabiyah (Mesir : Daar al-Maarif, t.th).
Pengertian Tamyiz (at-Tamyiz) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sedangkan menurut terminologi, tamyiz adalah isim nakirah yang dituturkan uantuk memperjelas kesamaan suatu zat atau suatu nisbah. Tiap-tiap isim nakirah yang mengandung makna Secara etimologi kata Tamyiz berasal dari kata dasar “ ميز ’’ yang berarti memisahkan sesuatu dari sesuatu yang membonceng, memisahkan ses...



Advertisement

No comments:

Post a Comment