.

Biografi Khalifah Abu Bakar ra

 

Nama lengkapnya adalah Abdullah ibn Abi Quhafah Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Taym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib al Quraisyi at Tamimi. Setelah masuk Islam, nama tersebut diganti oleh Rasulullah dengan Abdullah yang akrab dipanggil dengan Abu Bakar ra. Ada pendapat yang mengatakan bahwa gelar tersebut melekat sebagai nama panggilan karena dia termasuk orang yang mula-mula memeluk Islam. Sedangkan gelar ash-Shiddiq merupakan julukan karena dia selalu membenarkan Rasulullah tentang berbagai peristiwa terutama pada peristiwa isra’ dan mi’raj.
Abu bakar ra dilahirkan pada tahun 573 M (dua tahun setelah kelahiran Rasulullah), dan meninggal dalam usia 63 tahun sebagimana usia Rasulullah. Abu Bakar ra, termasuk golongan orang yang memeluk Islam tanpa banyak pertimbangan. Sebelum masuk Islam ia merupakan seorang saudagar kaya yang mempunyai pengaruh yang cukup besar dikalangan bangsa Arab. Selain itu dia juga dikenal sebagai orang yang jujur dan dermawan serta senang beramal untuk kepentingan perjuangan Islam. Bukti kedermawaan Abu Bakar ra sebagaimana dilukiskan dalam sejarah, ketika Rasulullah saw, mempersiapkan pasukan menuju Tabuk, Abu Bakar ra menyumbangkan semua harta kekayaan yang dimilikinya sampai tidak ada tersisa.
Ketika terjadi hijrah, Abu bakar ra merupakan sahabat yang setia mengawal perjalanan Nabi hingga di madinah. Penderitaan yang dialaminya dalam peristiwa  tersebut serta ancaman maut yang mengintainya setiap saat tidak pernah menyurutkan semangat kesetiaan terhadap Nabi Muhammad dan agama yang dibawanya. Kedekatan Nabi dengan Abu Bakar ra dalam perjuangan Islam ibarat Nabi dengan bayangannya.
Di saat kemenangan demi kemenangan diraih pasukan Muslim, Abu Bakar ra dikabarkan jatuh sakit pada tanggal 7 Jumadil Akhir setelah menderita sakit dan meninggal dunia setelah menderita sakit selama 15 hari, Abu Bakar meninggal pada malam selasa tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 H dalam usia 63 tahun.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, (Prenada Media: Jakarta Timur, 2003). Badri Yatim, MA., Sejarah Peradan Islam Dirasah Islamiyah, (RajaGrafindo Persada,1993). Imam as-Suyuthi, Tarikh Khulafa diterjemahkan oleh Samson Rahman dengan judul Tarikh khulafa,(Pustaka al-Kautsar,2006). Harun Nasution, Teologi Islam Aliran-Aliran Sejarah Analisi Perbandingan, (Jakarta: UI Press, 1986). Abu A’la al- Maududi, Khilafah Dan Kerajaan Evaluasi Kritis atas sejarah Pemerintahan Islam, (Bandung: 1993).
Biografi Khalifah Abu Bakar ra 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Abu bakar dilahirkan pada tahun 573 M (dua tahun setelah kelahiran Rasulullah) dan meninggal dalam usia 63 tahun sebagimana usia rasulullah. Beliau termasuk golongan orang yang memeluk Islam tanpa banyak pertimbangan. Nama lengkapnya adalah Abdullah ibn Abi Quhafah Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Taym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib al Qur...


Advertisement
Post a Comment