Skip to main content

Teknik Persuasi dalam Komunikasi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: July 22, 2014

Istilah persuasi atau dalam bahasa Inggris persuasion berasal dari kata Latin persuasio, yang secara harfiah berarti hal membujuk, hal mengajak, atau hal meyakinkan (Efendy 1991:103). Menurut Kenneth Anderson, mendefinisikan persuasi, yaitu;
A process of interpersonal communicatiaon in which the communicator seeks trough the use of symbols of effect the cognitions of receiver and thus effect a voluntary change in attitude or action desired by the communicator” (Suatu proses komunikasi antarpersona dimana komunikator berupaya dengan menggunakan lambang-lambang untuk mempengaruhi kognisi penerima, jadi secara sengaja mengubah sikap atau kegiatan seperti yang diinginkan komunikator) (Efendy 1991:103).
Sementara Purnawan EA (2002:15) mendefinisikan persuasi sebagai influence yang dibatasi dengan komunikasi, baik komunikasi verbal (dengan menggunakan kata-kata), maupun komunikasi non-verbal (dengan menggunakan gerakan atau bahasa tubuh).

Proses persuasi, yaitu mempengaruhi orang lain, atau membuat perilaku orang lain berubah sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan komunikasi.
William J. McGuire (1973:261) memberikan definisi persuasi; “Persuasion or changing people’s attitudes and behavior trough the spoken and written word, constitutes one of the more interesting uses of communication” (Totok Jumantoro,2001:149).
Dalam konteks ini persuasi diartikan sebagai tujuan mengubah sikap dan tingkah laku orang (changing people’s attitudes and behavior) baik dengan tulisan maupun ucapan (trough the spoken and written word.

Persuasi merupakan teknik memengaruhi manusia dengan memanfaatkan/ menggunakan data dan fakta psikologis maupun sosiologis dari komunikan yang hendak dipengaruhi.

Persuasi merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh orang atau kelompok yang bertujuan untuk mengubah sikap dan prilaku pihak yang dipersuasi dengan memanfaatkan faktor psikologis dan sosiologis komunikasi.

Referensi Makalah®
Berbagai Sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar