Skip to main content

Ikuti

Beberapa Istilah Terkait Tes

Di dalam proses pendidikan akan selalu ada situasi yang memerlukan pengambilan keputusan. Keputusa-keputusan ini, yang disebut keputusan pendidikan, hanya akan dapat diambil dengan bijaksana dan tepat apabila dilandasi dengan informasi yang relevan dan akurat. Salah satu sumber informasi yang terpenting dalam hal ini adalah hasil pengukuran yang diperoleh dari tes.
Sebelum sampai pada uraian yang lebih jauh, maka akan diterangkan terlebih dahulu arti dari beberapa istilah yang berhubungan dengan tes, yaitu alat atau pro sedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan.
Pertama: Testing. Testing merupakan saat pada waktu tes itu dilaksanakan. Dapat juga dikatakan testing adalah saat pengambilan tes.
Kedua: Testee. Testee adalah responden yang sedang mengerjakan tes. Jadi orang-orang inilah yang sedang dinilai atau diukur baik mengenai kemampuan, minat, bakat, pencapaian prestasi dan sebagainya.
Kedua: Tester. Tester adalah orang yang diserahi untuk melaksanakan pengambilan tes terhadap para responden atau testee.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Saefuddin Azwar, Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran dan Prestasi Belajar), (Yogyakarta: Liberty, 1987). Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1990).

Referensi Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar