--> Skip to main content

Biografi Singkat Ulil Abshar Abdalla

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: June 16, 2013

Biografi Singkat Ulil Abshar AbdallaUlil Abshar Abdalla lahir di Pati, Jawa Tengah, pada 11 Januari 1967, menyelesaikan pendidikan menengahnya di Madrasah Mathaliul Falah, Kajen, Rumah Sakit Jawa Tengah, dibesarkan oleh KHM Ahmad Sahal Mahfudz.

Ulil Abshar Abdalla adalah alumni fakultas Syariah LIPIA (Institut Sains Islam dan Arab) Jakarta. Saat ini bekerja sebagai peneliti Lakpesdam (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Cendekiawan Nahdhlatul, Jakarta. Dia juga anggota staf di Institut Studi Informasi Jakarta (ISAI).

Ulil Abshar Abdalla secara teratur menulis di berbagai media massa nasional, seperti Tempo, D&R, Forum Keadilan, Jurnal Quran Al-Quran, Jurnal Tashwirul Afkar, Kompas, Media Indonesia, Republik, dan Jawa Pos.

Seperti yang dikatakan oleh kepala Cendekiawan Lakpesdam Nahdhlatul Ulama (NU) , serta Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla mengatakan, posisi Islam Liberal selalu disalahpahami daripada dipahami oleh beberapa Muslim.

Akibatnya, pernyataan terhadap beberapa masalah mendasar Islam yang seharusnya menjadi alternatif yang bijaksana bagi umat Islam sementara dialektik ke modernitas belum diinternalisasi secara memadai.

Ulil Abshar Abdalla adalah pemikir Muslim muda yang merupakan bagian dari Komunitas Islam Kayu (KIUK) yang menciptakan Jaringan Islam Liberal (JIL) yang secara konseptual mengadopsi ide-ide Islam Liberal dan menyebarkannya melalui jaringan yang mereka miliki. Dan sekarang ini adalah bagian dari Partai Demokrat.

Referensi Makalah®

Kepustakaan: Ulil Abshar Abdalla. Membakar Rumah Tuhan , (Bandung: Rosdakarya Teens, 1999). Husin M. al-Banjari. Dissecting Liberal Islam , (Bandung: Syamil Create Media, 2003). Abuddin Nata | Jurnal Pendidikan , Pendidikan Islam Liberal , (Semarang: Volume I, Desember, 2002). Adnin Senjata. Pengaruh Kristen-Orientalis pada Islam Liberal, (Dialog Interaktif dengan Aktivis JIL), (Jakarta: Press Echo Press, 2003)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar