Skip to main content

Definisi Singkat Strategi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: May 26, 2013

Kata strategi berasal dari kata keja bahasa Yunani stratego yang berarti merencanakan pemusnahan musuh lewat penggunaan sumber-sumber yang efektif. Strategi adalah prioritas atau arah keseluruhan yang luas yang diambil oleh organisasi, yakni pilihan-pilihan tentang bagai mana cara terbaik untuk mencapai misi organisasi.
Strategi dimaknai sebagai suatu cara atau kiat mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan menurut Onong Uchjana Effendi, strategi merupakan paduan perencanaan dengan manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi harus mampu menunjukkan bagaimana operasionalnya secara praktis harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu-sewaktu tergantung pada situasi dan kondisi.
Strategi adalah keseluruhan keputusan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan, guna mencapai tujuan. Jadi merumuskan strategi, berarti memperhitungkan kondisi dan situasi (ruang dan waktu) dihadapi dan yang akan mungkin di masa depan, guna mencapai efektifitas.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Onong Uchjana, Effendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006). Kuncoro, Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif). (Jakarta: Erlangga, 2005).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar