Skip to main content

Ikuti

Pengertian Produktifitas dalam Ekonomi

Produktivitas menunjukkan kegunannya dalam membantu menegvaluasi penampilan, perencanaan, kebijakan pendapatan, upah, dan harga melalui identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi pendapatan, membandingkan sektor-sektor ekonomi yang berbeda untuk menentukan prioritas kebijakan bantuan, menentukan tingkat pertumbuhan suatu sektor atau ekonomi.
John Suprihanto menyebutkan bahwa dalam produktivitas terkandung tiga hal pokok, yaitu:
  1. Produktivitas diartikan sebagai kemampuan seperangkat sumber-sumber ekonomi untuk menghasilkan sesuatu.
  2. Produktivitas adalah perbandingan antara pengorbanan (output) dengan penghasi lan (input).
  3. Produktivitas adalah suatu sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini haruslah lebih baik hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
Produktivitas menurut Dewan Produktivitas Nasional mempunyai pengertian sebagai sikap mental yang selalu berpandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Produktivitas mengandung arti sebagai perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muchdarsyah Sinungan, Produktivitas Apa dan Bagaimana, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003). John Suprihanto, Manajemen Personalia, (Yogyakarta: Penerbit BPFE, 1987).

Referensi Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar