Skip to main content

follow us

Strategi Giving Question and Getting Answer

Menurut J. R. David yang dikutip Wina Sanjaya, bahwa dalam pendidikan, strategi diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achives a particultural educational goal. Strategi pembelajaran diartikan sebagai perencanaan, metode, yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan.
Strategi giving question and getting answer adalah strategi yang sangat baik digunakan untuk melibatkan peserta didik dalam mengulang materi pelajaran yang telah disampaikan. Strategi ini tepat digunakan di akhir pertemuan, yaitu pada 15 menit terakhir misalnya, atau di akhir semester sebagai rangkuman atau pengulangan semua materi yang telah diberikan selama satu semester. Selain itu metode ini juga dikembangkan untuk melatih peserta didik memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan.
Adapun langkah-langkah strategi pembelajaran giving question and getting answer meliputi beberapa tahap, yaitu:
  1. Memberikan dua kartu indeks kepada setiap peserta didik
  2. Meminta peserta didik untuk menyelesaikan kalimat
  3. Membuat sub-kelompok dan minta masing-masing kelompok memilih pertanyaan untuk ditanyakan yang paling tepat, dan pertanyaan untuk dijawab yang paling menarik dari kartu-kartu anggota kelompoknya.
  4. Meminta setiap kelompok melaporkan pertanyaan yang dipilih, dan menentukan apakah seseorang dalam seluruh kelas dapat menjawab pertanyaan itu. Jika tidak, pengajar seharusnya merespon.
  5. Meminta setiap sub-kelompok untuk berbagi pertanyaan untuk dijawab (kertas 2) yang ia pilih. Dan mengajak anggota sub kelompok berbagi jawaban dengan kelompok lain.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Wina Sanjaya, Strategi Pebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007). Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008). Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010). Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009).

Anda Mungkin Suka Referensi Ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar