Skip to main content

follow us

Pemasaran dan Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Definisi pemasaran itu sendiri adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai satu sama lain.
Adapun pengertian lain dari pemasaran adalah suatu fungsi perusahaan yang selalu berusaha menjawab tantangan perubahan lingkungan. Definisi ini tampak sangat berbeda dengan definisi-definisi yang lain, yang dikemukan oleh literatur pemasaran.
Strategi pemasaran adalah melakukan tindakan yang benar dan dilakukan dengan cara yang benar pula. Merencanakan kegiatan pemasaran itu, dengan penenjabaran perencanaan strategis tersebut kedalam perencanaan operasional, sehingga tindakan dapat berjalan dengan cara yang benar pula. Usaha itu tidak lain ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah dan bahkan hanya sekedar menawarkan produk kepada nasabah.
Strategi pemasaran mengacu pada faktor operasional atau pelaksanaan kegiatan pemasaran seperti penentuan harga, pemberian merek pada produk simpanan, penentuan saluran distribusi, pemasangan iklan dan sebagainya. Kegiatan pemasaran sering dikenal dengan sebutan marketing mix yang juga dikenal dengan singkatan 4P sebagai singkatan dari produk, price, place dan promotion.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Indriyo Gitosudarno, Manajemen Strategis, (Yogyakarta; BPEE Yogyakarta, 2001). Philip Khotler, A.B. Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, (Jakarta; Salemba Empat, 2000).

Anda Mungkin Suka Referensi Ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar