--> Skip to main content

Pengertian Impotensi dan Faktor Penyebab Impotensi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: December 09, 2012

Impotensi berasal dari kata impotent, yang terdiri atas kata im yang berarti tidak dan kata potent yang berarti mampu. Jadi secara bahasa, impoten artinya ketidakmampuan.

Dalam ilmu kesehatan, pengertian impotensi selalu dihubungkan dengan masalah kemampuan hubungan badani, sehingga impotensi diartikan sebagai ketidakmampuan seorang pria untuk melakukan hubungan suami istri.

Secara spesifik, impotensi adalah ketidakberdayaan seorang pria melakukan hubungan badani melalui alat vitalnya.

David Blend memberikan pengertian impotensi adalah orang yang tidak mampu mencurahkan cinta kasihnya kepada pasangan yang dipilihnya (isteri) dan melaksanakan cinta kasih tersebut dan seterusnya, untuk menikmati hubungan sepenuhnya.

Muhammad Jawad Mugniyah dalam kitabnya al-Ahwal al-Syakhsiyah, menukil pendapat Imamiyah yang mengatakan bahwa impotensi itu adalah kekurangan pada jasad seorang laki-laki, dan seharusnya itu untuk setiap wanita secara sempurna, seperti orang buta yang tidak melihat apa-apa.

Impotensi adalah penyakit lemah yang terdapat pada seorang pria atau laki-laki untuk berbuat sesuatu pada lawan jenisnya.

Faktor Penyebab Impotensi

Faktor penyebab impotensi secara garis besar disebabkan oleh dua hal, yakni faktor fisik dan faktor psikis.

Faktor Fisik

Dari hasil penelitian para seksiologi selama sepuluh tahun terakhir, diketahui bahwa faktor penyebab impotensi fisik lebih mempengaruhi sebagai pemicu timbulnya impotensi, antara lain:

  1. Gangguan Kesehatan.
  2. Kebiasaan Merokok
  3. Kurang Berolahraga
  4. Faktor Genetika
  5. Kelainan Syaraf
  6. Usia Lanjut
  7. Pengkonsumsian Obat Terlarang
  8. Kastraksi (pembuangan kelenjar alat vital)
  9. Kelainan Pada Organ Tubuh
  10. Pengaruh Radio Terapi.

Faktor Psikis

Menurut penyelidikan para psikoterapi seorang pria pada tingkat penyakit tertentu dapat menyebabkan gangguan fungsi seksual. Faktor penyebab impotensi yang disebabkan oleh adanya gangguan penyakit cenderung dapat dipulihkan setelah penyakit tersebut disembuhkan.

Adapun beberapa faktor penyebab impotensi psikis antara lain:

  1. Perasaan takut. Banyak ragam takut yang memicu timbulnya impotensi, seperti takut ketahuan karena sudah pernah berselingkuh, atau takut tertular penyakit
  2. Kegagalan mencapai kepuasan orgas pertama. Pada saat pertama kali melakukan hubungan suami istri, perasaan takut atau gugup dapat mengakibatkan tidak tercapainya hal yang diinginkan. 
  3. Tegang, gelisah, stress dan depresi. Masalah pekerjaan, keuangan, keluarga dan lain-lainnya dapat memicu ketegangan dan kegelisahan dalam kehidupan sehari-hari, yang untuk selanjutnya berakibat kepada keperkasaan pria. Hal ini ditandai dengan tidak dapat berereksi di hadapan pasangannya
  4. Perceraian
  5. Cinta dan perselingkuhan

Referensi Makalah®

Kepustakaan: Hembing Wijaya Kusuma, Mengatasi Impotensi Secara Efektif dan Alamiah, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 1997). David Blend, Problematik Seksual, Editor William A. R Thomson, (Leaving Stone Ltd. Lowden: t.th). Muhammad Jawad Mugniyah, Al Ahwal Al Syakhsiyah, (Dar al-Ilm Li al-Malyin, Beirut: t.th).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar