Skip to main content

follow us

Prestasi Belajar Psikomotorik

Prestasi belajar psikomotorik adalah segala perbuatan jasmaniah kongkrit manusia yang mudah diamati, baik kuantitasnya maupun kualitasnya, karena sifatnya yang terbuka, sehingga merupakan manifestasi wawasan pengetahuan dan kesadaran serta sikap mentalnya.
Prestasi belajar psikomotorik tampak dalam bentuk keterampilan (skill), kemampuan bertindak individu (seseorang). Prestasi belajar bidang motorik ini terbagi dalam enam tingkatan, yaitu : 1) Gerakan refleks. 2) Keterampilan pada gerakan dasar. 3) Keterampilan perseptual, termasuk di dalamnya membendakan visual, membedakan auditif motorik dan lain-lain. 4) Kemampuan bidang pisik, misalnya kekuatan keharmonisan dan ketetapan gerakan atau gerakan yang luwes. 5) Gerakan-gerakan skill, mulai dari keterampilan sederhana sampai pada kemampuan keterampilan yang kompleks. 6) Kemampuan yang berkenaan dengan non decorsive kemunikasi seperti gerakan ekspresif interprestatif.
Prestasi belajar psikomotorik ini lebih menunjukkan kredebilitas keberhasilan tujuan belajar. Bila proses belajar baik, maka hasil yang dicapai atau prestasi belajarnya baik, tetapi bila proses belajarnya buruk dengan sendirinya prestasi belajarnya kurang baik. Untuk itu dalam proses belajar belajar itu diperlukan perhatian khusus, baik dari siswa, alat, metode, media pembelajaran, serta profesionalisme pendidik (guru).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT Sinar Baru Algesindo, 2001). Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran,.( Bandung: Alumni., 1995). Tim MKDK IKIP Semarang, Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: IKIP Semarang, 1996). Rusyan Tabrani, et.al., Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: CV Remaja Karya, 1995). Sir Godfrey Thomson, A Modern Phylosopy of Education, (London: George Allen Unwin Ltd, t.th). Khurshid Ahmad, Principles Of Islamic Educatio, (Lahore : Islamic Publication Limited, 1959). Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001)..

Anda Mungkin Suka Referensi Ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar