Skip to main content

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 20, 2012

Kuantitatif berasal dari kata kuantum yang berarti perhitungan. Dengan demikian, pengolahan data dengan metode penelitian kuntitatif, menggunakan berbagai bentuk perhitungan atau menunjukkan sejumlah angka-angka.
Unsur-unsur metode penelitian kuantitatif yang membedakan dengan metode penelitian kulaitatif yakni adanya populasi, sampel, variabel, unit-unit eksperimen, teknik penarikan sampel, alat ukur, pengumpulan data, dan pengolahan data dengan uji-uji statistik.
Sebagai contoh; meneliti tentang ketaatan beragama pekerja pabrik di Makassar dengan metode kuantitatif, maka pengolahan datanya harus memakai angka-angka statistik, dimana sebelumnya harus menentukan alat ukur yang digunakan.
Metode penelitian kuantitatif (statistik) mencakup penggunaan tabulasi, dan statistik deskriptif seperti proporsi, ranking, nilai rata-rata hitung, modus, medium dan seterusnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sayuti Ali, Metodologi Penelitian Agama; Pendekatan Teori dan Praktek, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2002). Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Penidikan; Teori-Aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009). Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD, (Cet. VI;Bandung: Alfabeta, 2009)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar