Skip to main content

Ikuti

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif

Kuantitatif berasal dari kata kuantum yang berarti perhitungan. Dengan demikian, pengolahan data dengan metode penelitian kuntitatif, menggunakan berbagai bentuk perhitungan atau menunjukkan sejumlah angka-angka.
Unsur-unsur metode penelitian kuantitatif yang membedakan dengan metode penelitian kulaitatif yakni adanya populasi, sampel, variabel, unit-unit eksperimen, teknik penarikan sampel, alat ukur, pengumpulan data, dan pengolahan data dengan uji-uji statistik.
Sebagai contoh; meneliti tentang ketaatan beragama pekerja pabrik di Makassar dengan metode kuantitatif, maka pengolahan datanya harus memakai angka-angka statistik, dimana sebelumnya harus menentukan alat ukur yang digunakan.
Metode penelitian kuantitatif (statistik) mencakup penggunaan tabulasi, dan statistik deskriptif seperti proporsi, ranking, nilai rata-rata hitung, modus, medium dan seterusnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sayuti Ali, Metodologi Penelitian Agama; Pendekatan Teori dan Praktek, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2002). Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Penidikan; Teori-Aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009). Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD, (Cet. VI;Bandung: Alfabeta, 2009)

Referensi Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar