Skip to main content

Pengertian Jinayah

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 16, 2012

Jinayah berarti perbuatan salah atau jahat. Jinayah adalah mashdar dari kata kerja jana yang mengandung arti suatu kerja yang diperuntukkan bagi satuan laki-laki yang telah berbuat dosa atau salah
Abdul Kadir Audah, dalam kitabnya al-Tasyri’ al-Jina’i al-Islamy, sebagaimana dikutip Djazuli,menjelaskan pengertian jinayah sebagai berikut :
الجاية لغة اسم لما يجنيه المرء من شرمت اكتسبة واصطلاحا اسم لفعل محرم شؤعا بما سواه وقع الفعل على نفس او مال او غير ذلك
Jinayah menurut bahasa merupakan nama bagi suatu perbuatan jelek seseorang. Adapun menurut istilah adalah nama bagi suatu perbuatan yang diharamkan syara’ baik perbuatan tersebut mengenai jiwa, harta benda, maupun selain jiwa dan harta benda”.
Jadi, pengertian jinayah adalah semua perbuatan yang diharamkan. Perbuatan yang diharamkan adalah tindakan yang dilarang atau dicegah oleh syara’, apabila dilakukan perbuatan tersebut mempunyai konsekuensi membahayakan agama, jiwa, akal, kehormatan, dan harta benda.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Djazuli, Fiqh Jinayah; Upaya Menanggulangi Kejahatan dalam Islam. Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997. Hakim, Rahmat. Hukum Islam. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2000
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar