Skip to main content

Pengertian Data Kualitatif dalam Penelitian

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: August 20, 2012

Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata atau yang berwujud pernyataan-pernyataan verbal, bukan dalambentuk angka. Data kualitatif diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data misalnya wawancara, analisis dokumen, diskusi terfokus,atau observasi yang telah dituangkan dalam catatan lapangan (transkrip).Bentuk lain data kualitatif adalah gambar yang diperoleh melalui pemotretan atau rekaman video.
Data kualitatif mencakup:
  1. Induktif, yang bertolak dari satu atau sejumlah data spesifik untuk menurunkan suatu kesimpulan dengan cara generalisasi, atau analogi atau hubungan kausal
  2. Deduktif, yaitu suatu proses berfikir yang bertolak dari suatu proposisi yang sudah ada untuk memperoleh proposisi baru sebagai kesimpulan dengan silogisme, yaitu argumentasi yang terdiri atas tiga buah proposisi (premis mayor, premis minor serta kesimpulan atau konklusi
  3. Komparatif yaitu dengan menguraikan persamaan dan perbedaan antara kedua objek data yang diteliti
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2002). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2009). Soerjono, Pengatar Penelitian Hukum, (Cet. 3; Jakarta: Universitas Indonesia, 1986). Tim Penyusun, Kamus Besar Indonesia, t.c; (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008). Muhammad Pabundu. Metode Penelitian Geografi, (Cet. I; Jakarta: Grafika Offset, 2005). Wardiyanta, Metode Penelitian Pariwisata, t.c; (Yogyakarta: Andioffset, t.th).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar