Skip to main content

Konsep al-Raja dalam Ajaran Syiah

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: July 23, 2012

Konsep al-Raja adalah kembalinya Imam yang tersembunyi, pada saat sekarang, sang Imam sedang berada dalam persembunyian (Ghaibah) yang diyakini akan kembali. Substansi klaim mereka ini didasarkan pada perjalanan pemuda ke gua yang digambarkan oleh Allah dalam Qur’an Surah al-Kahfi 9-25.
Doktrin Ghaibah berintikan prinsip bahwa sang Imam tidaklah wafat. Tuhan hanya menghilangkannya dari penglihatan manusia. Tuhanlah yang memperpanjang hidupnya. Sewaktu dia dapat berkomunikasi dengan manusia berarti di baru memulai tugasnya untuk melindungi manusia dari kejahatan.
Berdasarkan uraian yang dikemukakan di atas maka konsep al-Raja merupakan ajaran Syiah yang mengharapkan akan datangnya Imam Mahdi yang bersembunyi untuk mengadili umat manusia yang berlaku zalim serta merampas hak orang lain di dunia ini.
Konsep al-Raja merupakan suatu keyakinan akan datangnya Imamm Mahdi, dan konsep ini sangat berpengaruh dalam Syiah Isna Asy’ariyah yang dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan para pengikutnya.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar