Skip to main content

Metode Diskusi dalam Pembelajaran

Oleh: AnonymousPada: June 18, 2012

Secara umum, dalam metode diskusi, ada dua jenis diskusi biasa dilakukan dalam proses pembelajaran. Pertama diskusi kelompok, diskusi ini dinamakan juga diskusi kelas. Pada diskusi ini permasalahan yang disajikan oleh guru dipecahkan oleh kelas secara keseluruhan dan yang mengatur jalannya diskusi adalah guru itu sendiri. Kedua, diskusi kelompok kecil, pada diskusi ini peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-7 orang. Proses pelaksanaan diskusi ini dimulai dengan cara guru menyajikan masalah dan beberapa sub masalah. Setiap kelompok memecahkan sub masalah yang disampaikan guru. Proses diskusi diakhiri dengan laporan setiap kelompok.
Jenis metode diskusi apapun yang digunakan menurut Bridges seperti yang dikkuti Wina Sanjaya, dalam proses pelaksanaannya, guru harus mengatur kondisi agar: (1) setiap peserta didik dapat bicara mengeluarkan gagasan dan pendapatnya, (2) setiap peserta didik harus salaing mendengar pendapat orang lain, (3) setiap peserta didik saling memberikan respons, (4) setiap peserta didik harus dapat mengumpulkan atau mencatat ide-ide yang dianggap penting dan (5) melalui diskusi setiap peserta didik harus dapat mengembangkan pengetahuannya serta memahami isu-isu yang dibicarakan dalam diskusi.
Kondisi tersebut ditekankan oleh Bridges, sebab metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi ini diharapkan bisa mendorong peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah serta dapat mengembangkan pengetahuan peserta didik.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar