Skip to main content

Pengertian al-Mashlahah Menurut Abd. Wahab Khallaf dan Abu Zahrah

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: May 04, 2012

Secara etimologis, term al-mashlahah adalah sekar dengan al-shulh dan al-shalah, yaitu lawan dari kata al-fasad. Al-mashlahah berarti manfaat, faedah, guna, atau kebaikan.
Sedangkan secara terminologis, dapat penulis paparkan beberapa pendapat ulama, sebagai berikut:
Menurut ‘Abd al-Wahhab Khallaf, al-mashlahah adalah kemanfaatan hamba yang diwujudkan oleh syari’ melalui tasyri’ hukum dan menganggapnya sebagai illat tasyri’ tersebut.
المصالح هي التي شرع الشارع أحكاما لتحقيقها ودل على اعتبارها عللا لما شرعه.
Menurut Ab­ Zahrah, al-mashlahah adalah semua manfaat yang hakiki yang sesuai dengan maksud-maksud syari’ yang di dalamnya terkandung maksud menjaga lima prinsip kebutuhan manusia: menjaga agama, jiwa, akal, nasl, dan harta.1
المصلحة الحقيقة هي ترجع إلى المحافظة على خمسة أمور: الدين والنفس والعقل والنسل والمال.
Dari beberapa pendapat tersebut dapat dipahami bahwa al-mashlahah itu merupakan dasar tasyri’ Islam yang berdiri sendiri, walaupun eksistensinya diperselisihkan para ulama ushul. Ia dijadikan landasan istinbath hukum yang tidak terdapat nas yang sharih dan Ijmak ulama yang menerangkan hukum tersebut.
Kepustakaan:
[1] Ab­ al-Fadhl Jamal al-Din ibn Mukarram ibn Manzur, Lisan al-Lisan Tahzib al-Lisan al-‘Arabiy, Juz II(Bair­t: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993), h. 31.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar