Skip to main content

Biografi Imam al-Nawawi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: May 15, 2012

Nama lengkapnya adalah Abu Zakariyah Yahya bin Syaraf bin Mariy al- Hizamiy. Populer dengan Imam an-Nawawi. lahir di Nawa Damaskus bulan Muharram 631 H./ Oktober 1233 M. Meninggal dunia pada usia 45 Tahun.
Pada usia 19 Tahun beliau belajar Hadis, Bahasa Arab, Fiqhi dan Ushul Fiqhi pada Ar-Rawahiyah di Damaskus Selama kurang lebih 20 Tahun. Kemapunanya dalam bidang Ilmu hadis sangat menonjol sehingga mampu menghafal ribuan hadis lengkap dengan sanad dan matannya. Serta dapat menangkap pesan yang terkandung dalam Hadis baik yang implisit maupun eksplisit.
Sebagai seorang ulama ilmu yang dimilikinya ditransprer kepada masyarakat yang ada di sekitarnya lewat kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar. Dalam kehidupan sosial beliau dikenal sangat Dzuhud, wara, kanaah, dan ridha.
Aktifitas ilmiyahnya dapat dilacak lewat buah karyanya yang antara lain sebagai berikut: Syarah Hadis karya ad-Darul Qutni, al Raudah, al-Majmu’, al-Tibyan fiy adab Hamlan al-Qur’an, Tahrir al-Tanbih, Al-Umdah fiy Tashih an-Niyah, Tahzib al-asma’ wa al-Lughah, Syarah Shahihul al-Muslim, Khulasah fiy al-Hadis, Al-Isyarah ila al-Mubhamat, Al-Irsyad, Ulum al-Hadis, Tagrib wa al-taisi liy Ma’rifati Sunan al-Nasyir al-Nazir, al-Minhaj Fiy Syarah Shaihul Muslim, Al-Arba’in, Riyad al-Shahihah, al-Fatwah, al-Iddah fiy al-Manasikh, dan al-Azkar.
An Nawawi bukan hanya dikenal sebagai ulama hadis, tapi beliau juga fuqaha, pada bidang ini An-Nawawi dikenal sebagai seorang Syafiiyah yang panatik. Sebagai seorang Syafiiyah, sering menyebut mazhabnya dengan istilah Min ashabina, Sekalipun demikian dalam kitabnya ditemukan pendapat sejumlah Fuqaha.
*Berbagai Sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar