Skip to main content

Pengertian Idhafah (al-Idhafah)

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: January 13, 2012

Al-Idhafah adalah rangkaian dua kosa kata. Yang satu dinisbahkan kepada yang lain, sedang antara keduanya mengandung huruf Jar : كاف الـتـشـبـيـح، في، مـن atau الـلام tergantung persesuaiannya dalam konteks. Huruf-huruf Jarr tersebut tidak ditulis secara zhahir (hanya di-takdir-kan adanya). Kosakata pertama dinamakan “مـضـاف“, sedang yang kedua dinamakan “ مـضـاف إلـيــه ”. Kosa kata yang kedua ini hukumnya “Majrur.”
Dari pengerian di atas, maka bentuk dasar dari “Al-Idhafah” adalah: بـيــت الـطــالــب atau بـيــت طـــالــب. Kelihatan dari contoh tersebut, kosa kata pertama tidak ber ال sementara yang kedua bisa ber ال dan bisa juga tidak. Bila contoh tersebut dianalisa (di-i’rab), kelihatan:
بــيـــت طــالـــب : - بـيــت : مـضـاف مـرفـوع بـالـضـمـة
طــالـب : مـضـاف إلـيــه مـجـرور بـالـكـسـرة
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad al-Gulyainy, Jami` al-Durus al-`Arabiyah, (Beirut: Maktabah al-A،riyah, 1991). Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid, Syarah Ibn `Aqil, (Qairo: Maktabah al-Sa’adah, 1951).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar