Skip to main content

follow us

Karakteristik Bahasa Arab; Strategi Pengembangan Bahasa Arab Sederhana

Setiap bahasa mempunyai karakteristik yang khas, demikian pula dengan bahasa Arab. Adapun karakteristik mata pelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut:
Bahasa Arab mempunyai dua fungsi yakni sebagai alat komunikasi antar manusia dan bahasa agama (Islam). Bahasa Arab sebagai komunakasi adalah prinsip bagi semua pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arab. Aktivitas manusia yang disebut komunikasi baik lisan maupun tulisan dikarenakan keinginan setiap individu setiap saat ingin menyampaikan sesuatu. Dengan adanya karakteristik ini, motivasi peserta didik untuk mempelajari bahasa Arab yang sifatnya internal akan lebih besar.
Bahasa Arab memiliki struktur ilmu yang sama dengan bahasa-bahasa lainnya. Untuk mengenal bunyi dan alat ucap yang menghasilkannya, bahasa Arab melahirkan ilmu Makharij al-Huruf (fonologi), untuk mengenal perbedaan makna melahirkan ilmu sharaf (morfologi), untuk mengenal struktur kalimat melahirkan ilmu nahwu (sintaksis), dan untuk memahami makna melahirkan ilmu ma’ani (semantik).
Perbedaan mendasar yang dimiliki struktur keilmuan bahasa Arab. Disamping ilmu-ilmu yang telah disebutkan (yang memang selalu ada dalam semua bahasa), bahasa Arab memiliki ilmu-ilmu lain seperti: rasam (grafologi), bayan (gaya bahasa), badi’ (keindahan kata dan makna), ‘arudh (pola syair) qawafi (bunyi-bunyi atau huruf-huruf pada kesastraan) matn al-lughah (asal bahasa).
Melihat dari karakteristik  bahasa Arab, maka strategi pengembangan bahasa Arab berdasarkan atas lingkup lingkungan yang paling dekat dengan peserta didik menuju dengan lingkungan yang jauh dengan cara: pertama, para peserta didik berkenalan dengan dirinya sendiri, keluarga dan seterusnya ke lingkungan sekolah. Adapun yang terkait dengan tema materi pembelajaran bahasa Arab hanya dimaksud untuk efektifitas yang diperlukan untuk menjalin komunikasi. Kedua, pemberian materi pembelajaran diharapkan memakai pendekatan yang efektif berdasarkan ruang lingkup dan tempat peserta didik mempelajari bahasa Arab.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar