Skip to main content

Jumlah Ayat Al-Qur'an

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: September 06, 2011

Polemik seputar jumlah ayat dalam al-Quran, bukanlah hal baru dikalangan ahli tafsir dan ahli qiraat. Paling masyhur terngiang deretan empat angka enam. Akan tetapi betulkah jumlah ayat al-Quran demikian?, mari kita lihat beberapa pendapat di bawah ini:
Ibnu duraisy meriwayatkan dari Utsman bin Atha, dari bapaknya, dari Ibnu Abbas, beliau berkata: Seluruh Ayat al-Quran berjumlah 6600 ayat, sedangkan hurufnya berjumlah 323.671 huruf. Addaniy berkata: para ulama sepakat bahwa ayat al-Quran berjumlah 6000 ayat dan berbeda pada sisa jumlahnya. Diantara mereka ada yang menambahkan 204 ayat, 214, 219, 225 dan 236 ayat. Mayoritas ulama sepakat bahwa jumlah ayat al-Quran mencapai 6200 dan beberapa puluh ayat. namun mereka berlainan pendapat pada berapa jumlah nilai puluhan atau bilangan setelah 200. berikut beberapa versi pendapat ulama tentang hal itu:
  1. Hitungan Madinah versi terakhir adalah 14 ayat riwayat dari Abu Ja`far Yazid bin Qa`qa dan Syaibah bin Nassah
  2. Hitungan Mekkah adalah 20 ayat riwayat dari Abdullah Ibn Katsir dari Mujahid dari Ibnu Abbas dan Ubay bin Ka`ab
  3. Hitungan Kufah adalah 36 ayat riwayat dari Hamzah bin Habib al-Zayyat, Abu Hasan al-Kasa`i, dll.
  4. Hitungan Basrah adalah 19 ayat riwayat dari Ashim bin Ajjaj al-jihdari dan Qatadah
  5. Hitungan Syam adalah 26 ayat riwayat dari Harun bin Musa al-Akhfasy danYahya bin Harits, dll.
Perlu di ketahui bahwa hitungan Madinah ada 2 versi: (1) riwayat Mursal  Ahli Kufah dari Ahli Madinah yang tidak dinisbatkan kepada salah satu diantara Imam sepuluh, pendapat ini lemah karena tidak memiliki nisbah kepada salah satu diantara Imam sepuluh, dan (2) riwayat yang dinisbatkan kepada Abu Ja`far bin Yazid bin Qa`qa` satu diantara Imam Sepuluh.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Jalaluddin Abdul-Rahman al-Suyuthi, al-Itqan fi Ulum al-Qur`an, Kairo; Dar al-Gad al-Jadid: Juz I, 2005 M.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar