.

Tips Memilih Maskapai Penerbangan dan Travel Agent yang Murah dan Terbaik

 

Traveling saat ini sudah menjadi sebuah lifestyle bagi masyarakat luas, dan menjadi salah satu terapi yang paling di minati untuk melepas penat setelah bekerja. Sekarang banyak pula pelaku usaha menawarkan berbagai macam paket tour wisata. Traveling ini berkaitan erat dengan masalah transportasi, kebanyakan dari para pelaku traveling memilih transportasi pesawat terbang untuk melakukan wisatanya. 
Para pelaku usaha industri penerbangan juga tidak tinggal diam dengan minat masyarakat untuk berwisata saat ini, banyak diantaranya melakukan berbagai promo wisata menggunakan maskapai-maskapinya. Hal ini juga merembet pada sistem pelayanannya, mereka (pelaku industry penerbangan) mulai memberlakukan sistem booking tiket pesawat online. Hal ini menjadi suatu kemudahan bagi para calon penumpang atau calon traveler untuk memesan tiket pesawat mereka. Tetapi di Indonesia sendiri pemesanan atau booking tiket pesawat secara online masih diragukan keamanannya oleh masyarakat. Masyarakat cenderung takut untuk melakukan pemesanan melalui media internet atau online, karena maraknya penipuan dengan modus media internet. Di tambah lagi dengan UU ITE pemerintah Indonesia yang belum begitu kuat dalam hal teknologi informasi atau internet, apalagi dengan minimnya pengetahuan dan minat baca dari masyarakat menambah problem para pelaku usaha e-commers dan pemerintah unntuk memajukan teknologi saat ini (khususnya di Indonesia).
Masalah kepercayaan bertransaksi melalui internet memang sudah menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku usaha e-commerce dan pemerintah, hal ini tentu mengharuskan bagi para pengusaha dan pemerintah untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat luas, agar kepercayaan itu tumbuh makin lama makin besar, sehingga masyarakat Indonesia khususnya bisa menikmati manfaat dari kemajuan teknologi saat ini.
Nah bagaimana secara mandiri kita bisa memilih maskapai penerbangan yang ekonomis melalui travel agen online yang banyak kita temui di internet ?, disini admin ada sedikit tips yang mungkin bisa anda gunakan dalam menentukan pilihan terbaik, salah satunya adalah kualitas tampilan web, fitur, dan content yang bermanfaat, dan juga mungkin nominal budget yang sudah dikeluarkan untuk promosi yang bisa kita lihat di adwords melalui google adsense, facebook ads yang biasanya bisa kita ketahui dari blog atau forum beradsense, iklan tv, dan berapa besar positif review dan negatif reviewnya yang bisa kita dapatkan di web web, forum, blog dan dari mulut ke mulut. Jika kita tahu semuanya dari poin tersebut maka kita tidak akan salah dalam menentukan pilihan.
Dalam menentukan pilihan terkadang kita juga membutuhkan bantuan dari yang terbaik yaitu mesin pencari google. Misal kita ingin mengetahui website apa saja yang bergerak di tiket pesawat online ini kita bisa menggunakan keyword “tiket pesawat terbang”, sehingga akan ditampilkan beberapa hasil nya yaitu : Traveloka, Utiket, Wego, Tiket2
Gambar website e-commerce travel agency yang bisa booking tiket pesawat online
Nah dari daftar result dari google ini bisa kita jadikan acuan untuk pembelian tiket pesawat namun tentunya kita harus tahu apakah perusahaan ecommerce tersebut memang benar benar terpercaya atau tidak. Karena dengan memilih perusahaan yang terpercaya maka kita akan terhidar dari penipuan atau scam, seperti yang sekarang sedang marak penipuan melalui sms mengatas namakan perusahaan travel tertentu yang mengaku ngaku dengan memberikan tiket promo super murah kepada konsumen.
Baiklah, mari kita fokus kembali ke daftar 4 web di atas, jika kita berlandaskan dari hasil experiment menggunakan data search di atas, maka kita bisa menggunakan pilihan terbaik yaitu yang pertama sampai nomor 4, di sortir dari bawah ke atas terdapat tiket2.com, wego.co.id, utiket.com, dan traveloka.com. Jika kita melakukan closeup research dari ke empat perusahaan tersebut pastinya ke empat perusahaan tersebut akan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, misal harga yang berbeda di web satu menawarkan promo, namun di web lain tidak, kecepatan search yang tidak sama, model template yang juga tidak sama dan lainnya, sehingga jika kita melakukan penilaian dalam field ini maka tidak ada satupun web di internet yang sempurna sesuai keinginan.
Kita ambil contoh web bernama tiket2.com, sebuah web online booking dengan tampilan minimalis dan kita compare dengan traveloka dengan tampilannya yang simple namun elegan, dari sisi design saja kita bisa menilai bahwa dari kedua web tersebut memiliki sentuhan yang berbeda. Nah bagaimana jika dilihat lebih dalam lagi yaitu dari performance statistik alexanya bagaimana hasilnya, bisa dilihat di gambar bawah.
Grafik statistik visitor traveloka, utiket, wego, tiket2 yang di dominasi traveloka mulai Januari 2014.
Dari grafik tersebut kita belum bisa mengambil kesimpulan bahwa traveloka ini adalah website terpercaya, walaupun ditandai melonjaknya traffic pada bulan November 2013 yang puncaknya pada Desember 2013 melebihi utiket.com sehingga terjadi cross line. So, untuk lebih memastikan lagi dari sisi kualitas harga apakah memang bersaing dengan kompetitornya, kali ini admin melakukan search menggunakan destinasi Jakarta – Singapura langsung dari Traveloka.com, dan hasilnya ternyata harga tiketnya sangat murah Rp 125 ribu bila dibandingkan dengan tiket2.com yaitu sebesar Rp. 224.000, dan tiket.com sebesar Rp. 172.680. Mungkin inilah yang menyebabkan web yang getol mempromosikan tiket citilink ini lebih menarik dikunjungi dan sebagai tempat booking online.
Harga Tiket Pesawat Jakarta ke Singapura menggunakan Traveloka Tanggal 17 Februari 2014, Hari Senin, Harga hanya 124ribu.

Tips Memilih Maskapai Penerbangan dan Travel Agent yang Murah dan Terbaik 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Tetapi di Indonesia sendiri pemesanan atau booking tiket pesawat secara online masih di ragukan keamanannya oleh masyarakat. Traveling saat ini sudah menjadi sebuah lifestyle bagi masyarakat luas, dan menjadi salah satu terapi yang paling di minati untuk melepas p...


Advertisement
Post a Comment