.

Pengertian Alkohol berbagai Perspektif

 

Dalam perspektif Islam, Alkohol asalnya dari bahasa arab yaitu al-Ghaul atau al-Khuhul.berbeda dengan Khamar, yang artinya raksasa, nama itu diberi kepada pati arak, lantaran khasiatnya yang seperti raksasa. Selain itu dapat diartikan minuman yang memabukkan.
Alkohol merupakan unsur yang dapat menguap yang terdapat pada minuman yang memabukkan. Keberadaannya akan mengakibatkan mabuk. Alkohol juga terdapat pada selain minuman, seperti pada rendaman air bunga dan buah-buahan dibuat untuk wangi wangian dan lainnya, sebagaimana juga terdapat pada kayu-kayuan yang diproses dengan mempergunakan peralatan khusus dari logam.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Alkohol yaitu cairan tidak berwarna yang mudah menguap, mudah terbakar, di pakai dalam industri atau pengobatan, merupakan unsur yang memabukkan, dll. Kebanyakan minuman keras, C2H5OH, etanol, senyawa organik dengan gugus OH pada atom karbon jenuh.
Pengertian alkohol menurut kamus Ilmiah Populer ialah zat kimia cair yang dapat memabukkan.
Menurut Muhammad Said al-Suyuthi, al-Kohol merupakan istilah yang diarabkan dari sebuah kata berbahasa Perancis, yaitu alcool, dengan kata cohol. Selain kata alkohol sesuatu yang memabukkan itu ada yang cair sesuai dengan asalnya, seperti khamer dan nabidz, dan ada pula yang padat. Seperti candu dan ganja. Terlepas candu dan ganja dalam pembahasan kali ini agar tidak melebar, penulis hanya memfokuskan masalah alkohol dalam campuran yang digunakan pada parfum.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Kamus besar Bahasa Indonesia, (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan BahasaJakarta: Balai Pusaka, 1994). M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya; Arkola, 1994). Ali Mustapa Yaqub, Kriteria Hala Haram Untuk Pangan, Obat, dan Kosmetika Menurut al-Quran dan Hadits, (Jakarta; PT. Pustaka Firdaus, t.th). Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqih Ja’fari, ditejemahkan oleh Samsuri Rifai, dkk, (Jakarta: Lentera, 1996).
Pengertian Alkohol berbagai Perspektif 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Alkohol merupakan unsur yang dapat menguap yang terdapat pada minuman yang memabukkan Dalam perspektif Islam, Alkohol asalnya dari bahasa arab yaitu al-Ghaul atau al-Khuhul.berbeda dengan Khamar, yang artinya raksasa, nama i...


Advertisement
Post a Comment