.

Pengertian Pendidikan Agama Islam

 

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia sebagai sub sistem pendidikan Nasional, mempunyai peran yang sama dengan pendidikan pada umumnya, dalam proses pembangunan Nasional. Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional, yaitu dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Mortimer J. Adler mengartikan Pendidikan sebagai proses yang mana semua kemampuan manusia (bakat dan kemampuan yang diperoleh) yang dapat dipengaruhi oleh pembiasaan, disempurnakan dengan kebiasaan­kebiasaan yang baik melalui sarana yang secara artistik dibuat dan dipakai oleh siapapun untuk membantu orang lain atau dirinya sendiri mencapai tujuan yang ditetapkan yaitu kebiasaan yang baik.
Jasmani dan rohani yang terarah mengacu pada terkendalinya aspek­aspek pendidikan yang diperlukan. Kekawatiran terjadinya kasalahan kerja jasmani dan rohani serta akibat yang tidak diinginkan dapat diminimalisir bahkan dapat dihilangkan dengan proses pendidikan, serta sampai pada sebuah pembentukan pribadi yang utuh dan terarah.
Sedangkan menurut Mansur Isna, bahwa pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. “Nilai” inilah yang menjadi tujuan utama dalam proses pendidikan akan menuntun kearah yang lebih baik dan memberikan gambaran jelas tentang apa yang harus dilakukan dalam sebuah kehidupan.
Agama dan Islam sering kali dijadikan sebuah kombinasi kata yakni “Agama Islam” ini dikarena bahwa Islam merupakan sebuah agama jadi, “Agama Islam” dan “Islam” dalam hakikatnya adalah sesuatu yang tidak berbeda.
Mengenai sama atau tidaknya “agama Islam” dan “Islam” akan memberikan sebuah pemahaman yang lebih terarah bila kajian diarahkan pada pemahaman kata perkata, yakni pengertian agama dan Islam itu sendiri. Memahami pengertian pendidikan bukanlah hal yang bisa dikatakan mudah seperti pemahaman tantang definisi agama dan Islam.
Pendidikan Agama Islam adalah upaya mewariskan nilai yang harus dipegang oleh umat manusia dalam kehidupannya sesuai dengan amalan dan kepercayaan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Pendapat ini mengatakan bahwa Pendidikan Agama Islam diartikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam melalui kenyataan, bimbingan, pengajaran, dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan Nasional.
Sedangkan menurut Zuhairini, Pendidikan Agama Islam adalah usaha-­usaha lebih sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam.
Disimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam adalah upaya mewariskan nilai yang dilakukan dengan sadar dengan usaha-usaha lebih sistematis dan pragmatis dalam rangka menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran agama Islam.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Azumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milennium Baru, (Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1999). H.M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1993). Umar Tirta Raharja, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2000). Mansur Isna, Diskursus Pendidikan Islam, Muhammad Zuhri, (Global Pustaka Utama, Yogyakarta, 2001). Abuddin Nata, Metodologi Study Islam, (Raja Grafindo Persada, Jakarta, Cet. V, 2000). Muhammad Athiya Al-Ibrasi, Education In Islam, (The Supreme Council For Islamic Affairs, t.th). Abdul Rahman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagaman, Visi, Misi, dan Aksi, (Gema Windu Panca Perkasa, jakarta, 2000).
Pengertian Pendidikan Agama Islam 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sedangkan menurut Zuhairini, Pendidikan Agama Islam adalah usaha-­usaha lebih sistematis dan pragmatis dalam membantu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia sebagai sub sistem pendidikan Nasional, mempunyai peran yang sama dengan pendidikan pada umumnya,...


Advertisement
Post a Comment