.

Pengertian Jilbab

 

Pengertian jilbab secara etimologis, jilbab berasal dari bahasa Arab yang artinya pakaian longgar. Jilbab is wide shirt or long veil yang artinya Jilbab adalah kemeja yang lebar/ kerudung yang panjang.
Pengertian jilbab secara istilah, beberapa ulama mendefinisikan jilbab dengan redaksi yang berbeda. Namun apabila kita kaji dengan teliti, perbedaan tersebut tidak terlalu prinsipil, karena pada dasarnya adalah sama yang bersumber dari al-Quran surat al-Ahzab ayat 59, surat an­Nur ayat 31 dan surat al-A’raaf ayat 26.
Ali, memberikan pengertian jilbab sebagai sejenis baju kurung yang lebar yang dapat menutup kepala, wajah dan dada, malah menutup seluruh tubuh.
Glasse, Jenis pakaian wanita dengan batasan tertentu yang menggambarkan kesopanan berpakaian bagi orang wanita adalah jilbab.
Al-Barik mengatakan, bahwa jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh sejak dari kepala sampai ke kaki atau menutup sebagian besar tubuh dan dipakai di bagian luar sekali seperti halnya baju hujan.
Dari beberapa pengertian jilbab tersebut, penulis simpulkan bahwa jilbab adalah salah satu jenis pakaian wanita yang longgar/ luas untuk menutupi aurat. Jilbab merupakan busana muslimah yang digunakan wanita untuk menutupi keindahan bentuk tubuh wanita.
Mengenai model jilbab atau busana muslimah tidak ditentukan secara terinci. Mode adalah usaha yang bertujuan untuk menciptakan dan memberi bentuk baru terhadap pakaian wanita agar dapat sesuai dengan selera-selera pemakainya sebagai warga masyarakat yang berkebudayaan modern, yang dikerjakan oleh ahli-ahlinya yang telah dipersiapkan dan dididik dalam lapangan itu sebelumnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Zaid, Bakr bin Abdullah Abu, Menjaga Kesucian Wanita Muslimah, (Pustaka Anisa, Rembang, 2004). Shelly C Stune, Shretzer Bruce, Fundamentals of Guidance,I Neo Jender, (Purdue University, 1966). Al-Barik, Yaya binti Mubarok, Ensiklopedi Wanita Muslimah, (Darul Falah, Jakarta. t.th)Ali, Muhammad Ibn Muhammad, Hijab Risalah tentang Aurat, (Pustaka Sufi, Jakarta, 1983). Glasse, Cyril, Ensiklopedi Islam, Jakarta, PT. Raja Gravindo Persada, (2002).
Pengertian Jilbab 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Mengenai model jilbab atau busana muslimah tidak ditentukan secara terinci. Mode adalah usaha yang bertujuan Pengertian jilbab secara etimologis, jilbab berasal dari bahasa Arab yang artinya pakaian longgar. Jilbab is wide shirt or long veil yang ...


Advertisement

No comments:

Post a Comment