.

Strategi Pembelajaran Information Search (IS)

 

Strategi Pembelajaran IS (Information Search), adalah strategi pembelajaran untuk mencari informasi atau memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kelas. Informasi tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber atau media pembelajaran yang bernilai edukatif, misalnya: koran, televisi, radio, internet, buku ajar, dll.
Strategi Pembelajaran Information Search, bertujuan mengajak siswa untuk berpikir, melatih kemampuan siswa dalam menggunakan struktur kognitifnya secara penuh dan terarah. Dalam tiap materi yang diajarkan siswa memperoleh informasi, ada yang menambah pengetahuan yang telah kita miliki, ada yang memperhalus dan memperdalamnya, dan dari informasi tersebut harus dianalisis, diubah atau ditransformasikan ke dalam bentuk yang lebih abstrak atau konseptual agar dapat digunakan untuk memecahkan beberapa masalah yang ditemukan selama KBM.
Langkah-langkah strategi pembelajaran Information Search, adalah sebagai berikut:
  1. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil, sekitar 2 atau 3 orang.
  2. Guru membuat permasalahan bagi setiap kelompok, dimana dalam permasalahan tersebut siswa diminta untuk mencari informasi tentang permasalahan tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.
  3. Pertanyaan atau permasalahan yang diberikan oleh guru dapat dikerjakan oleh siswa melalui informasi yang diperoleh dari berbagai referensi beberapa media pembelajaran.
  4. Siswa menulis hasil pemecahan soal tersebut dalam LDS secara bersama-sama.
  5. Siswa menyampaikan hasil problem solving mereka, siswa yang lain ikut menanggapi dan memberikan pertanyaan, sehingga terjadi diskusi yang interaktif. Pada akhirnya, guru memberikan penegasan hasil diskusi agar tidak terjadi salah persepsi tentang konsep materi yang telah dipelajari.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008). Marno dan M. Idris, Strategi dan Metode Pengajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group, 2008). Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007).
Strategi Pembelajaran Information Search (IS) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Strategi Pembelajaran Information Search, bertujuan mengajak siswa untuk berpikir, melatih kemampuan siswa dalam menggunakan struktur kognitifnya secara penuh dan terarah. Strategi Pembelajaran IS ( Information Search ), adalah strategi pembelajaran untuk mencari informasi atau memberikan kesempatan kepada sis...



Advertisement

No comments:

Post a Comment