.

Pengertian Bank Islam

 

Bank Islam adalah bank yang yang tata cara beroperasinya didasarkan pada tata cara bermu’malat sesuai ajaran agama Islam, dan berbeda dengan Bank konvensional atau Bank non-Islam. Adapun istilah muamalat menurut Abd. Wahab Khallaf, adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur hubungan manusia dengan manusia, baik hubungan pribadi maupun antara perorangan dengan masyarakat.
Muamalat seperti yang dimaksud dalam pengertian Bank Islam, meliputi kegiatan jual beli (ba’y); piutang (qara’ah); gadai (rahn); memindahkan utang (hawalah), bagi untung dalam perdagangan (tijarah); jaminan (dhaman) persekutuan (syirkah), dan selainnya. Berkenaan dengan itu, maka Bank Muamalah sebagaimana yang didirikan di berbagai daerah, dapat pula disebut Bank Islam.
Selain sebutan Bank Islam, biasa juga disebut sebagai Bank Muamalah, dan Bank Syari’ah, yakni suatu bank yang beroperasi di atas ajaran dasar Islam (syariah). Secara akademik, pengertian Bank Islam dan Syari’ah memang mempunyai pengertian yang berbeda. Namun secara teknis untuk penyebutan Bank Islam dan Bank Syariah, tetap mempunyai pengertian yang sama.
Berdasarkan rumusan tersebut, maka didefinisikan bahwa :
Bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoprasiannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip Syariat Islam.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
A. Djazuli dan Yadi Janwari, Lembaga-lembaga Perekonomian Umat; Serbuah Pengenalan (Cet. I; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III (Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 2002). Abdul Wahab Khallaf, ‘Ilm Ushul Fiqh (Jakarta: al-Majelis al-A’la al-Indunisy li al-Dakwat al-Islamiyah, 1980). Abdul Aziz Dahlan, et all (ed), Ensiklopedi Hukum Islam (Jakarta: PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1997).
Pengertian Bank Islam 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoprasiannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip Syariat Islam. Bank Islam adalah bank yang yang tata cara beroperasinya didasarkan pada tata cara bermu’malat sesuai ajaran agama Islam, dan berbeda denga...


Advertisement

No comments:

Post a Comment