.

Pengertian Advokat menurut Bahasa dan Istilah

 

Pengertian advokat secara bahasa, berasal dari bahasa latin yaitu advocare, yang berarti to defend (mempertahankan), to call to ones said (memanggil seseorang untuk mengatakan sesuatu), to vouch or to warrant (menjamin). Dalam bahasa Inggris, pengertian advokat diungkapakan dengan kata advocate, yang berarti: to defend by argument (mempertahankan dengan argumentasi), to support (mendukung), indicate or recommend publicly (menandai adanya atau merekomendasikan di depan umum).
Dalam kamus hukum, pengertian advokat diartikan sebagai pembela, seorang (ahli hukum) yang pekerjaannya mengajukan dan membela perkara di dalam atau di luar sidang pengadilan. Sedangkan menurut UU Advokat Indonesia pasal 1 ayat 1 menerangkan bahwa advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang ini.
Pengertian advokat secara istilah, adalah seorang yang melaksanakan kegiatan advokasi yaitu suatu kegiatan atau upaya yang dilakukan seseorang atau kelompok orang untuk memfasilitasi dan memperjuangkan hak-hak, maupun kewajiban klien seseorang atau kelompok berdasarkan aturan yang berlaku.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ilham Gunawan dan Martinus Sahrani, Kamus Hukum (Cet.I; Jakarta: Restu Agung, 2002). UU Advokat Indonesia (Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2005). Abdullah Gofar, Profesi Advokat bagi Sarjana Syariah dan Standar Kualifikasi Bidang Hukum dalam Mimbar Hukum No.61 Mei 2003 (Jakarta: al- Hikmah dan Ditbinpera, 2003).
Pengertian Advokat menurut Bahasa dan Istilah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pengertian advokat secara istilah, adalah seorang yang melaksanakan kegiatan advokasi yaitu suatu kegiatan atau upaya yang dilakukan Pengertian advokat secara bahasa, berasal dari bahasa latin yaitu advocare, yang berarti to defend (mempertahankan), to call to ones said...


Advertisement
Post a Comment